Materi Entrepreneurship

BUSSINESS PLAN

 

Bussiness plan adalah suatu dokumen tertulis yang menggambarkan secara sistematis suatu usaha / kegiatan bisnis.

           

            Sebaiknya dibuat sedetail mungkin yang tidak merepotkan. Kalau akan digunakan untuk investasi modal, ini harus juga menyenangkan bagi investor atau peminjam

 

 

Tujuan Pembuatan Bizplan

  • Untuk penyelesaian proses perencanaan
  • Komunikasi dengan perusahaan mengenai keseriusan proses perencanaan dan hasilnya
  • Untuk melengkapi kerangka yang terukur untuk mengelola perusahaan, dan
  • Untuk memberikan kepada pimpinan dan investor mengenai instisari jaminan bahwasanya kinerja Perusahaan akan seperti yang dituntut.

 

 

 

Kegunaan Bizplan

 

a)      Penggunaan Internal (digunakan untuk mengarahkan dan meningkatkan kinerja perusahaan)

 

b)      Memperbaiki kinerja dengan mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan operasi perusahaan dan persoalan yang muncul.

 

c)      Dapat mengkomunikasikan dengan jelas kepada manajemen dan staff mengenai ekspektasi yang menyangkut kinerja dan prioritas perusahaan.

 

d)      Dapat mengkoordinasikan secara efektif dan menjamin konsistensi dalam perencanaan dan operasi dari berbagai unit dalam perusahaan.

 

e)      Dapat menjadi dasar yang solid untuk mengukur kinerja perusahaan secara keseluruhan termasuk pimpinan dan unit-unitnya.

f)       Dapat digunakan untuk mendidik dan memotivasi orang-orang kunci dalam perusahaan.

 

Penentuan harga

 

a)      Penetapan harga harus sedemikian rupa sehingga dapat menutup biaya dan masih ada marjin utk laba

b)      Harus mempertimbangkan pesaing

c)      Permintaan pelanggan turut menentukan harga (misal: dalam jumlah besar mendapat diskon harga)

d)      Harga merupakan faktor utama kalau produk atau jasa mirip dgn pesaing.

e)      Usahakan agar harga didasarkan pada ciri khas produk dan jasa kita

 

 

 

Sistimatika Penyusunan Bizplan

 

PENDAHULUAN

Latar belakang

Maksud dan tujuan

Kegiatan usaha

 

1. Rencana PEMASARAN

  1. 1.      Perencanaan penjualan produk
  2. 2.      Perencanaan harga jual produk
  3. 3.      Perencanaan distribusi produk
  4. 4.      Perencanaan promosi produk

 

2. ASPEK SUMBER DAYA MANUSIA

Perencanaan kebutuhan dan kualitas SDM

Perencanaan motivasi yang dibangun

 

3. ASPEK PRODUKSI

Perencanaan produk

  1.  
    1.  
      1.  
        1.  
          1. Desain produk
          2. Perencanaan ukuran
          3. Perencanaan kemasan
          4. Diversifikasi

Perencanaan produksi dan kualitas produk

  1.  
    1.  
      1.  
        1. Perencanaan bahan baku
        2. Perencanaan kapasitas
        3. Perencanaan alat / mesin
        4. Perencanaan alur kerja proses
        5. Perencanaan tenaga kerja

4. ASPEK KEUANGAN

  1. 1.      Perencanaan investasi
  2. 2.      Perencanaan biaya
  3. 3.      Perencanaan biaya tetap
  4. 4.      Perencanaan biaya tidak tetap
  5. 5.      Perencanaan harga pokok
  6. 6.      Perencanaan laba rugi

1 Komentar (+add yours?)

  1. siman suwadji
    Jul 27, 2009 @ 21:09:59

    saya tertarik untuk mengembangkan kewirausahaan di tingkat mahasiswa

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: