Pengertian SKB

PENGERTIAN STUDI KELAYAKAN BISNIS

Merupakan studi atau penelitian untuk menentukan dapat atau tidaknya suatu rencana investasi dilaksanakan dengan berhasil.

 

PENTINGNYA STUDI KELAYAKAN BISNIS

Memerlukan pengeluaran modal yang besar dan mempunyai konsekwensi jangka panjang.

Apabila pengeluaran modal tersebut telah diputuskan, maka perubahan komitmen sulit dilakukan karena akan mendatangkan kerugian yang besar.

 

FAKTOR YANG MENENTUKAN INTENSITAS SKB

Besarnya dana yang ditanamkan

Tingkat ketidakpastian proyek

Kompleksitas elemen yang mempengaruhi proyek

 

PIHAK YANG MEMERLUKAN SKB

Investor                      

Kreditur                     

Pemerintah

 

IDENTINTIFIKASI KESEMPATAN USAHA

Indentifikasi terhadap peluang dan ancaman terhadap usaha yang direncanakan.

Perumusan terhadap rencana proyek

Penilaian terhadap berbagai aspek yang mempengaruhi keberhasilan proyek

Pemilihan alternatif yang terbaik

Implementasi terhadap rencana proyek yang telah disusun

 

ASPEK-ASPEK SKB

Aspek Pasar dan Pemasaran; Meliputi Permintaan, Penawaran, Harga, Program Pemasaran, dan Perkiraan Penjualan

Aspek Teknis dan Operasional, meliputi studi pendahuluan, skala produksi, proses produksi, mesin dan perlengkapan, lokasi, dan tata letak.

Aspek Manajemen, meliputi manajemen dalam pembangunan proyek, dan manajemen dalam operasi

Aspek Hukum, meliputi bentuk hukum, jaminan yang diperlukan, dan izin-izin yang diperlukan.

Aspek Ekonomi Sosial. meliputi dampak proyek terhadap negara, devisi, kesempatan kerja, dan masyarakat.

Aspek Lingkungan, meliputi dampak proyek terhadap lingkungan (Amdal)

Aspek Keuangan, meliputi jumlah dan sumber dana, proyeksi laba rugi, proyeksi arus kas, analisis kelayakan

 

ASPEK PASAR

Pemahaman terhadap karakteristik target pasar

Potensi pasar, market share, dan strategi pemasaran yang diperlukan.

 

DATA PASAR YANG DIPERLUKAN

Kecendrungan permintaan

Penawaran produk

Impor atau Ekspor yang dilakukan

Struktur persaingan

Tingkah laku, motivasi, kebiasaan, dan preferensi konsumen

Pemilihan marketing efforts, skala, dan marketing mix.

 

METODE PENGUKURAN DAN PERAMALAN PERMINTAAN

 

PROSEDUR PERAMALAN

Analisis Ekonomi Makro

Analisis Industri

Analisis Penjualan Masa Lalu

Analisis Peramalan Permintaan

Pengawasan Hasil Peramalan

 

PENDEKATAN PERAMALAN

Time Series, meliputi metode trend linear, kuadratik, dan logaritma

Kausalitas, meliputi regrfesi linear, berganda, transformasi logaritma

 

 

STRATEGI BERSAING PERUSAHAAN DOMINAN

Perusahaan dominan terjadi apabila satu perusahaan memiliki pangsa pasar yang dominan dibandingkan dengan pangsa pasar yang lain.

 

Strategi Penurunan Harga

Analisis Dinamis merupakan analisis variabel waktu untuk menentukan sejauh mana kecepatan perusahaan dominan daan pesaing baru dalam meningkatkan kapasitas produksi.

Strategi Bisnis.- Strategi Porter;  Low Cost, Differences, focus.

          Siklus Hidup Produk, Embrio, Pertumbuhan, Dewasa, Penurunan

Strategi Pesaing Kecil.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: