Tipe2 Organisasi

Tipe organisasi ada 4 macam yaitu :

1. Tipe organisasi garis atau line yaitu
bentuk / struktur organisasi yang paling tua dan paling sederhana
diciptakan oleh Henry Fayol.

Ciri-ciri tipe organisasi garis ini adalah

o Organisasi masih kecil

o Jumlah karyawan sedikit

o Spesialisasi kerja masih kecil

Keuntungannya adalah :

o Mudah dimengerti dan dilaksanakan

o Ada bagian kekuasaan dan tanggung jawab yang jelas

o Merupakan jenis organisasi yang stabil

o Proses pengambilan keputusan berjalan dengan cepat

o Solidaritas karyawan yang tinggi karenan saling mengenal

Kerugiannya adalah :

o Seluruh orang terlalu bergantung pada satu orang

o Bersifat otokratis dan dapat menjadi diktatoris

o Kesempatan karyawan untuk berkembang sangat terbatas

o Sulit dilaksanakan dalam suatu organisasi yang besar

1. Tipe organisasi Fungsional

Tipe ini diciptakan oleh F.W.Taylor . Dalam
tipe ini ada pimpinan yang mempunyai bawahan yang jelas sebab setiap
atasan berwenang memberi komando kepada setiap bawahan sepanjang ada
hubungannya dengan fungsi atasan tersebut.

Keuntungan Tipe ini adalah :

o Dapat diperolejh manfaat yang sebesar-besarnya dari para ahli

o Ada koordinasi yang baik

o Memudahkan dalam pengawasan

Kerugian tipe ini adalah :

o Banyak mengeluarkan biaya tambahan

o Kekembaran kekuasaan dapat menimbulkan perselisihan / konflik

o Pandangan para pekerja yang merasa terlalu banyak atasan.

1. Tipe organisasi Garis dan Staf

Tipe ini merupakan gabungan dari tipe garis dan fungsional, sehingga menyebar struktur orgasnisasi tersebut.

2. Tipe Organisasi Fungsional dan Staf

Tipe ini adalah perpaduan antara tipe orrganisasi garis, fungsional dan staf.

TATA HUBUNGAN ATAU KOMUNIKASI KANTOR

Komunikasi adalah suatu bentuk komunikasi
sosial atau antar manusia yang menyampaikan ide-ide, gagasan, pendapat
dan informasi dari seseorang kepada pihak lain. Komunikasi terdiri dari
5 unsur yaitu :

1. comunicator atau orang yang menyampaikan informasi.
2. comunican atau orang yang menerima informasi
3. message atau pesan / informasi
4. Saluran atau alat/media yang dipakai untuk menyampikan informassi
5. umpan balik

Chanen / Saluran ada tiga ( 3 ) yaitu :

1. Sederhana seperti surat, pengumuman dll.
2. Semi sederhana seperti telepon, televisi dll
3. Canggih seperti Siklus internet

CARA DAN ALAT YANG DAPAT DIPERGUNAKAN UNTUK KOMUNIKASI

1. wawancara
2. rapat kerja
3. konferensi / pertemuan
4. pembicaraan lewat telepon
5. melalui mas media
6. melalui media elektronik
7. surat edaran, papan pengumuman, plakat, laporantahunan, surat
8. siklus internet

KOMUNIKASI KANTOR YANG BERSIFAT KEDALAM

Komunikasi kantor yang bersifat kedalam dapat dibedakan dua macam yaitu :

1. Hubungan tegak / vertikal

Prosed penyampaian suatu informasi dari pihak pimpinankepada bawahannya atau dari bawahan kepada pimpinan.

2. Hubungan datar / horizontal

Hubungan antara para pejabat atau para bawahan pada tingkat atau jenjang yang sederajat.

AZAS YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM MEMBUAT LAPORAN TERTULIS DENGAN BAIK.

1. Jelas : yang ditulis secara ringkas dengan bhasa yang baik dan mudah dibaca.

2. ketetapan : Laporan harus tetap memperbincangkan bidang permasalahan yang ditentukan dan tidak boleh menyimpang.

3. Kelengkapan : Laporan sebaiknya harus lengkapdari semua segi yang perlu disampaikan

4. Tepat waktu : Laporan harus disampaikan tepat pada waktu yang ditentukan

5. kemungkinan penyelarasan :Laporan yang
baik mengakui timbulnya pandangan-pandangn yang berbeda terhadap
permasalahan yang dilaporkan.

6. Minat : laporan yang baik hendaknya bersih
dari perkataan-perkataan yang tidak berguna. Sehingga dapat menimbulkan
minat dan mempertahankan perhatian pembacanya.

5 Komentar (+add yours?)

  1. subagiyo
    Apr 08, 2009 @ 20:35:59

    terus pa’ organisasi pa yang biasanya sering di pakai di perusahaan yang berskala besar? bagaimana kita menyikapi tentang suatu organisasi di sebuah perusahaan agar bisa diterima dengan baik oleh pihak perusahaan.

    Balas

    • elsanraekaputra
      Apr 09, 2009 @ 11:53:29

      Tipe organisasi yang biasa dipakai oleh perusahaan besar adalah tipe lini dan staff, dengan kata lain menggabaungkan tipe garis dan fungsional dalam perusahaan tersebut, karena begitu rumitnya jenis pekerjaan dan fungsi yang terdapat da dalam perusahaan tersebut.

      Balas

  2. kartika dewi suhadi (11005007)
    Mei 24, 2009 @ 20:01:54

    tipe-tipe oragainisasi di atas sangat penting apabila kita bekerja di suatu perusahaan, karena organisasi dibutuhkan untuk dapat mengatur dan mengelola perusahaan dengan baik.
    komunikasi dalam sehari-hari pun sangat penting apalagi jika kita bekerja dalam sebuah perusahaan, kita harus dapat menyampaikan berbagai informasi kepada karyawan yang lainnya ataupun kepada atasan kita.
    kita juga harus pandai menyampaikan informasi yang akan kita sampaikan agar informasi yang kita sampaikan diterima dengan baik.

    Balas

  3. kartika dewi suhadi (11005007)
    Mei 24, 2009 @ 20:04:18

    pa tugas perkelompoknya mana ?
    katanya ada tugas buat kelompok lagi !!!
    jangan yang susah-susahnya ya pa !!!

    Balas

  4. ilham rismunandar (11005019)
    Jun 29, 2009 @ 10:49:02

    dalam pengelolaan perusahaan tipe dari organisasi wajib diperhatikan, karena untuk menjaga loyalitas perusahaan dan komunikasi antara pegawai di perusahaan namun ada baiknya dalam pemilihan tipe organisasi memperhatikan aspek2 dari keuntungan dan kekurangan dari tipe tersebut agar sesuai dengan perusahaan / bisnis yg akan dijalankan.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: