SKB

51 Komentar (+add yours?)

  1. Rafiqah Maya Sari
    Apr 12, 2009 @ 22:50:03

    Assalamualaikum.. Wr…Wb…
    Pa saya sudah mengerjakan tugas Makalah SKB yang bapak tugaskan kepada saya, dan kalo sudah selesai dikirim ke Blog bapa. Dari hari sabtu tugasnya sudah beres, tapi saya bingung pa upload file di blog bapa bagaimana? atau saya kirim saja filenya ke Email bapa, emailnya apa pa?
    Makasih pa…

    Balas

    • eka
      Jan 12, 2010 @ 21:04:55

      nilai UAS SKB Utama Gasal 0910 adalah:

      ismu 20, agung 50, Fany 60, Sukma 30, Eko 10, Renanti 30, Evi 50, Lutfi 40, Hari 40, Riefki 30, nur 40, Paul 40, desti 50, Dhila 50, rine 60, Risa 50, Yuanita 20, Faust 50, Lina 55, Fierly 65, Yedi 30, Vicky 30, Tifa 65 dan Memey 70

      Balas

  2. emde
    Apr 20, 2009 @ 19:38:18

    good afternoon sir,
    pak kalau mau nyusun skripsi tentang SKB bisa ga? slnya saya baru mulai nyusun skripsi sekarang katanya tentang SKb boleh, tapi saya masih bingung bahannya tentang apa. kalau ada bahan tolong e-mail saya ya pak, terimakasih sebelumnya

    Balas

    • elsanraekaputra
      Apr 21, 2009 @ 22:06:19

      good Evening emde, what topic you like about? you must sure it, after tha you must searchthe literatur and dara about it, if you want get full information, next we discuss at the clas

      Balas

  3. gea
    Mei 13, 2009 @ 21:04:02

    Abstrak

    Garobak

    Garobak adalah usaha yang bergerak di bidang kuliner.
    Produk yang di pasarkan berupa nasi dan mie goreng.
    Keunggulan produk Garobak adalah nasi dan mie dengan khas bumbu melayu. Produk ini masih jarang di pasarkan. Sekalipun ada, harganya masih di rasa cukup mahal bagi mahasiswa dan tempatnya pun terbilang ekslusif. Namun, Garobak dengan konsepnya membuat kemudahan tersendiri melalui memasarkan secara keliling langsung di daerah pasar mahasiswa.
    Peluang bagi usaha ini di rasa cukup besar. Hambatan yang ada pun masih terbilang dapat diatasi dengan startegi pasar yang digunakan.
    Target pasar yang dibidik yaitu mahasiswa, karena sesuai dengan konsep dagang yang digunakan. Konsep dagang berupa jaringan / duplikasi dengan menyebar gerobak di beberapa daerah potensial sekitar tempat kos mahasiswa.
    Sehingga bisa dikatakan, Garobak mengambil peluang pasar secara langsung. Akses pasar mendapatkan produk Garobak menjadi lebih mudah. Maka secara tidak langsung, konsumen sudah ada di depan mata.
    Pesaing Garobak, sampai saat ini dirasa belum begitu banyak. Dan itu menjadi peluang Garobak untuk merebut pasar secara luas.
    Secara harga, Garobak relative lebih murah namun tidak mengenyampingkan kualitas. Rasa yang disuguhkan kepada konsumen memanjakan lidah.
    Model bisnis Garobak ini ditekankan pada duplikasi yang akan dibangun, sehingga semakin banyak duplikasi dan jaringan yang ada, maka semakin besar pula profit yang dihasilkan.
    Bila memiliki 10 gerobak saja dan beroperasional di beberapa daerah potensial. Dengan asumsi terjual 20 porsi per hari maka omzet minimum Rp. 150.000,-/hari.
    Bila menggunakan perseentase keuntungan mendekati 100%, maka gross profit pergerobak adalah Rp 75.000,-.
    Jadi, hanya dengan 10 gerobak yang beroperasi, maka akan mendapatkan keuntungan perhari sebesar Rp 750.000,- atau Rp 2.250.000,- setiap bulannya.

    Balas

  4. Arum Yuning Fadhila
    Mei 19, 2009 @ 13:25:36

    assalm,,
    bpk saya sdh buka blog bpk,,
    soal tugasnya yang mana pak?
    makasih pak,,
    wasslm..

    Balas

  5. Emde Larose S
    Mei 19, 2009 @ 13:36:22

    ABSTRAK Executive Summary Business Plan

    BISNIS PENCUCIAN MOTOR

    Kenapa memilih bisnis ini? Karena bisnis ini tidak membutuhkan tempat yang luas, dengan lebar 3 meter saja sudah bisa menjalankan bisnis ini. Berbeda dengan pencucian mobil, diperlukan lahan yang luas, dan tentunya dituntut untuk memiliki keahlian menyetir. Dilihat dari segi modal juga relatif kecil, yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini hanyalah pompa air atau kompresor serta alat penyemprotnya, itu yang paling utama.

    Biaya untuk pencucian motor minimal Rp 4000,-, tergantung dari service yang diberikan. Biaya akan bertambah jika ada pelayanan khusus, seperti menambah kit pada body motor, tetapi jika kit untuk ban biasanya hanya sebagai service tambahan dan gratis. Bisnis ini sangat cocok sekali bagi daerah yang memiliki kepadatan motor tinggi. Seperti di Jogja pemilik sepeda motor hingga 800 ribu lebih, belum termasuk yang berplat luar daerah. Sedangkan anak kuliah yang membawa motornya ke daerah ini tidak sedikit. Jadi bisnis ini masih bagus dijalankan.

    Dengan mencuci motor minimal 20 pelanggan perhari, kita bisa mengumpulkan Rp 3.000.000,- perbulannya. Sedangkan dari survey kecil-kecilan, setiap pencucian khusus motor yang ada dipinggir jalan raya, mereka biasa mencuci motor 35 hingga 50 lebih motor setiap harinya. Rp 3.000.000,- itu tentu belum dikurangi dengan gaji karyawan, tetapi jika bisa menjalan bisnis ini sendiri bersama saudara atau teman, tentu akan sangat menguntungkan.

    Seseorang kadang mau jauh-jauh mencuci motornya hanya karena pelayanannya yang sangat baik. Padahal disamping jauh kadang juga tidak murah, tetapi mereka merasa puas sehingga ia rela melakukannya. Karena ada orang yang jika motor mengkilat dan bersih adalah sebuah kebanggaan.

    Balas

  6. panji anandika
    Mei 19, 2009 @ 16:13:11

    Assalam.. Pak, tugas yang eksekutif summary udah saya kirim ke e-mail Bapak. Terima kasih..

    Balas

  7. Dena Febiana
    Mei 19, 2009 @ 16:29:54

    Nama:Dena Febiana
    NPM:0107347
    Kelas:B

    Balas

  8. dodi panca.s
    Mei 19, 2009 @ 17:08:36

    Ass..

    pa tgsnya yg mana?

    Wss..

    Balas

  9. Dhea Tri Yuniar
    Mei 19, 2009 @ 23:32:10

    Tugas Study Kelayakan Bisnis
    Nama : Dhea Tri Yuniar
    NPM : 0107352
    Kelas : A

    EKSEKUTIF SUMMARY
    Usaha Penjualan Voucher Pulsa Handphone di Lingkungan Sekitar Kampus Universitas Widyatama.
    Sudah menjadi suatu realita kehidupan ekonomi saat ini, bahwa pola kegiatan ekonomi hanya dengan bekerja lalu mendapatkan penghasilan sudah tidak efektif lagi di zaman sekarang ini, karena penghasilan yang di dapat belum tentu dapat mencukupi semua kebutuhan kita yang tidak terbatas, dan juga resiko kehilangan pekerjaan yang di ikuti dengan kehilangan penghasilan. Sebagai seorang mahasiswa kita harus dapat memanfaatkan segala peluang bisnis yang ada di hadapan kita secara efektif dan efisien.
    Oleh karena itu, dengan membangun suatu unit bisnis di samping kegiatan perkuliahan, dapat menjadi suatu alternatif usaha kegiatan ekonomi yang efektif guna membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari, walaupun terdapat banyak proses serta tantangan dalam membangun suatu bisnis milik pribadi. Maka dari itu saya berinisiatif untuk mendirikan usaha penjualan voucher pulsa handphone di lingkungan sekitar Universitas Widyatama.
    Usaha penjualan voucher pulsa handphone ini bergerak di bidang jual beli voucher pulsa handphone, merupakan usaha yang dijalankan di lingkungan kampus Universitas Widyatama.Didirikan pada tanggal 15 mei 2009. Pada awalnya tidak terbayangkan bahwa usaha di saat sela-sela waktu kuliah ini bisa dijalankan. Namun dengan melihat peluang pasar yang ada maka usaha ini bisa mencoba untuk dijalankan. Usaha penjualan vocher pulsa ini diberi nama Dhea Celuller.
    Usaha yang diberi nama dhea Celuller ini mencoba menjual voucher pulsa handphone GSM maupun CDMA dengan berbagai macam provider yang diantaranya yaitu indosat, telkomsel, esia , Flexy, XL, Smart, Axis dan lain sebagainya. Selain menjual voucher pulsa, Dhea Celuler juga mencoba menjual pernak pernik atau accesoris handphone yang sangat menarik.
    Target pasar utama usaha Dhea Celuller ini adalah temen-temen kampus dan mahasiswa dari berbagai fakultas yang membutuhkan, karena hampir setiap mahasiswa kini sudah memiliki handphone.Daripada mereka harus membeli pulsa ke luar kampus, cenderung lebih males, lebih baik membeli ke Dhea Celuller.
    Motivasi didirikannya usaha ini yaitu :
     Untuk mengisi waktu luang di sela-sela waktu kuliah
     Untuk mendapatkan uang dengan cara yang halal
     Dengan melihat peluang yang ada
     Untuk menambah biaya kuliah
    Usaha penjualan voucher pulsa ini juga berusaha untuk menawarkan harga yang cukup murah dan terjangkau oleh seluruh mahasiawa,sehingga diharapkan untuk dapat menarik konsumen membeli pulsa yang pada akhirya menjadi pelanggan tetap bagi usaha dhea Celuller ini.

    Balas

  10. Yulia Esti Dwipayani
    Mei 20, 2009 @ 00:16:34

    Nama : Yulia Esti Dwipayani
    NPM : 0107365
    Kelas : B
    Tugas Study Kelayakan Bisnis

    EKSEKUTIF SUMMARY
    USAHA BAKSO MALANG UTAMA DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS WIDYATAMA

    Bakso Malang kini telah menjadi makanan favorit banyak orang baik tua, muda, kalangan menengah atas, bawah, maupun profesional. Sehingga jangan heran bila kemudian banyak merek Bakso Malang bermunculan di sekitar kita. Hal tersebut tentunya membuat persaingan antar merek menjadi agak sedikit ketat. Merek yang memiliki ciri khusus dan kekhasan rasa-lah yang akan mampu menarik banyak customer. Bakso Malang yang bergerak di bidang makanan ini didirikan di lingkungan kampus pada tanggal 18 Mei 2009 yang diberi nama Bakso Malang Utama karena Bakso Malang ini didirikan di lingkungan kampus Universitas Widyatama.
    Kekuatan usaha Bakso Malang ini terletak pada resep yang diracik sendiri yang mengutamakan kebersihan, kehalalan, higienitas, dan kesehatan. Komitmen ini didukung dengan telah dimilikinya sertifikat halal MUI dan sertifikat BPOM Dinkes serta sertifikat uji laboratorium bebas formalin, borak serta zat – zat lain yang membahayakan tubuh yang dikeluarkan oleh balitbang industri Depperin.
    Ada 2 alasan mengapa saya memilih bisnis bakso malang ini, pertama sesuai dengan kondisi atau kemampuan keuangan untuk investasi di bisnis tersebut. Kedua, bisnis bakso ini tidak akan pernah kehilangan konsumennya,
    Target pasar utamanya adalah semua mahasiswa, dosen, staf – staf serta masyarakat di sekitar lingkungan Universitas Widyatama. Usaha ini didirikan berawal dari selain usaha Bakso Malang ini belum ada di lingkungan kampus juga timbul keinginan agar mahasiswa tidak merasa bosan dengan makanan yang ada di sekitar lingkungan kampus.
    Selain menunya yang terkenal lezat dan bervariasi, inovasi menu dilakukan tiada henti. Bakso Malang Utama ini kadangkala setiap mahasiswa yang datang pasti mempunyai selera menu yang berbeda – beda. Menu- menu inovasi yang ditawarkan Bakso malang Utama ini kebanyakan adalah menu tradisional pilihan yang tidak mengenal trend atau musim. Misalnya cwie mie malang, mie ayam bakso, batagor, siomay, nasi goreng jawa, mie godog, mie goreng jawa, dan nasi rawon.
    Bakso Malang Utama ini merupakan salah satu tempat yang menyediakan makanan dengan konsep yang modern, dengan layanan cepat saji, berkualitas baik, higienis, dan harga yang diberikan terjangkau, serta pelyanannya melayani pelanggan dengan ramah tamah.
    Dengan tempat yang nyaman dan baru berdiri, sehungga diharapkan untuk dapt menarik konsumen dan penggila makanan untuk mencoba makanan yang kami sediakan.

    Balas

  11. silfi siti safarini
    Mei 20, 2009 @ 09:45:01

    Assalamualaikum.. Wr…Wb…

    bapa,ini silfi npm 0107122 widy
    saya sudah buka blog bapa,tugas skbnya yang mana pa?
    makasi sblmnya pa. .

    Balas

  12. elsanraekaputra
    Mei 20, 2009 @ 12:15:14

    Tugas SKB bagi mahasiswa UTAMA kelas B adalah, membuat Bisnis Plan usaha angklung dan usaha pecel lelle

    Balas

  13. Dena Febiana
    Mei 20, 2009 @ 21:29:09

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Bapak kalau tugas yang bikin Bisnis Plan itu pilih salah satu usaha atau harus kedua2nya???

    Balas

  14. Rizky Febriana
    Mei 21, 2009 @ 17:25:09

    Assalamualaikum Wr. Wb.

    Bapak saya rizky kelas B . .
    NPM 0106187 . .
    saya sudah buka blog bapak . .
    tugasnya tulis tangan atau pake komp . .
    hanya salah satu ??

    Terimakasih
    Wassalamualaikum Wr. Wb

    Balas

  15. Dewi amuti
    Mei 21, 2009 @ 17:34:27

    Ass…
    Nama : dewi amuti
    NPM: 0107243
    kelas : B

    saya sudah membuka blog bpk..

    Balas

  16. Nadia Pandini
    Mei 21, 2009 @ 22:05:24

    bapa, saya uda melihat blog bapa, bapa tugasnya teh bikin business plan k dua duanya???

    Balas

  17. Jessica Hernamawaty
    Mei 21, 2009 @ 23:10:49

    Selamat malam pak..
    Saya Jessica Heranamawaty NPM 0108A54.
    Tugasnya dari kemarin saya cari tapi ga ada pak..
    baru baca tugasnnya membuat bisnis plan usaha angklung dan pecel lele ya pak?
    itu pilih salah satu atau dua-duanya pak?
    Terimakasi sebelumnya.

    Balas

  18. Alin Shoumi Lailani
    Mei 21, 2009 @ 23:25:30

    Assalamualaikum Wr.Wb.
    Pak saya Alin NPM 0108A55
    Pak kalau tugas SKB yang mana ya?
    Bisnis Plan itu yg angklung atau pecel lele?
    Terimakasih sebelumnya pak.

    Balas

  19. Jessica Hernamawaty
    Mei 21, 2009 @ 23:32:32

    Selamat malam pak.
    Saya Jessica NPM 0108A54..
    pak bisnis plann nya boleh memilih atau harus dua2nya pak?
    Terimakasi sebelumnya pak..

    Balas

  20. elsanraekaputra
    Mei 22, 2009 @ 09:23:42

    baca yg lengkap deh

    Balas

  21. Willa astriana
    Mei 22, 2009 @ 13:28:29

    Assalamualaikum pa,,,
    Saya willa 0105448 kelas B,,,
    tugasnya yg mana pa??
    saya cari tp tidak ada,,,
    Makasih pak,,,
    Wass,,

    Balas

  22. Sri Rahayu.D
    Mei 22, 2009 @ 16:05:58

    Nama : Sri Rahayu.D
    Npm : 0107223
    Kls : A

    Balas

  23. Dhea Tri Yuniar
    Mei 23, 2009 @ 15:54:36

    Tugas Study Kelayakan Bisnis
    Pak,Saya kirimkan tugas ini untuk memenuhi perbaikan nilai tanya jawab yang kosong.
    Nama : Dhea Tri Yuniar
    NPM : 0107352
    Kelas : A
    PELUANG BISNIS FASHION DI BANDUNG
    Bandung sebagai Kota Mode
    Bandung, kota yang sudah tidak asing di telinga, apalagi kalau sudah berbicara masalah mode. Bandung merupakan salah satu kota yang menjadi tujuan wisata oleh kebanyakan orang. Begitu banyak tempat yang bisa dikunjungi untuk menghabiskan akhir pekan. Salah satu tujuan wisatawan datang ke Kota Bandung adalah untuk berbelanja.
    Memang tidak salah bila orang rela mengeruk kantong untuk berbelanja di kota mode Bandung. Selain harga yang terjangkau, Bandung juga menyediakan berbagai trend terbaru dalam memenuhi hasrat pecinta mode.
    Di setiap akhir pekan Bandung selalu dipenuhi wisatawan yang ingin berbelanja atau sekedar mengetahui trend mode terkini. Hal ini terlihat dengan begitu padatnya wisatawan yang datang dari berbagai kota, diantaranya Jakarta, Bogor, dan berbagai kota lainnya.
    Untuk menemukan tempat belanja, khususnya pakaian tidaklah sulit, Karena hampir di sepanjang jalan-jalan di Bandung bisa kita temukan berbagai distro dan factory outlet. Dengan banyaknya FO maupun distro terkadang malah membuat pengunjung bingung untuk mengunjungi yang mana.
    Melihat begitu banyaknya minat wisatawan akan produk-produk garmen Bandung, kami hadir dengan menawarkan kepada siapa saja yang ingin memulai atau mengembangkan usaha perdagangan pakaian. Kami menawarkan kepada siapa saja yang berminat untuk menjadi agen produk-produk garmen Bandung. Yang anda perlukan untuk memulai usaha ini hanyalah sebuah catalog dan Pricelist. Dapatkan Katalog Dan PriceListnya . Keterangan lebih lanjut silahkan lihat menu KEAGENAN.
    PRODUK – PRODUK BANDUNG MODIS
    BandungModis menyediakan beragam produk dengan kualitas tinggi. Produk-produk yang tersedia di BandungModis adalah Pakaian Pria, Pakaian Wanita dan asesoris-asesoris fashion seperti dompet, tas, topi dan produk fashion lainnya.

    Gambar diatas adalah beberapa contoh produk yang ada di BandungModis.
    Produk-produk berikutnya akan segera ditampilkan
    Untuk mendapatkan katalog produk-produk lain selain yang tampilkan diatas, anda bisa langsung mendownload dari halaman ini, Namun kami hanya memberi sampel 4 Katalog saja, jadi untuk selengkapnya silahkan lihat menu Keagenan.
    Agen Pakaian, Sepatu, Sandal, Tas, dan Accesories Fashion Lain
    Saat ini kami bekerjasama dengan beberapa produsen Sepatu, tas, pakaian dan produk garmen lainnya di Bandung. Pada kesempatan ini kami mengajak anda bergabung untuk menjadi agen sepatu, pakaian, sandal, tas, dan accessories fashion lainnya. Produk-produk yang kami tawarkan merupakan produk-produk asli buatan Bandung..
    Keunggulan Bisnis bersama kami:
    1. Memiliki Katalog Cetak
    Hal ini memudahkan bagi agen untuk menjual produk, karena agen tidak perlu modal awal yang banyak. Konsumen bisa mmilih secara leluasa produk yang diminati melalui katalog sekaligus mengetahui harganya. Efektiff Bukan ?? dari pada anda harus membawa-bawa produk. Hanya dengan bermodalkan catalog dan pricelist dari kami, anda sudah bisa memulai berdagang
    2. Produk selalu up to date dan ditujukan untuk semua kalangan ekonomi dan usia
    Kami menyediakan ribuan item yang terdiri dari produk Tas, Sepatu, Sendal, Fashion Distro, Busana Muslim, dan Asesoris dengan model yang selalu diupdate dalam kurun waktu tertentu. Dan Hebatnya lagi produk tersebut ditujukan untuk semua kalangan ekonomi dan usia, jadi anda tak usah berpikir keras kemana anda akan menjualnya. Diri Anda, Keluarga, Lingkungan Tempat Tinggal, Dan Lingkungan Bekerja Anda PASTI membutuhkan, dan menyukai produk-produk tersebut. Bukan Hal Yang Susah Bukan ??
    3. Sistem Retur Bebas
    Bagi anda yang memiliki toko, tentunya merupakan masalah jika produk-produk anda tidak cepat laku, karena pergantian model atau permintaan konsumen yang berubah, Anda ingin mengganti model, menukar nomor, akan kami layani dengan senang hati. Selama barang tidak rusak, belum dipakai, tetap ada label/merek, dan tidak lebih dari 2 bulan (penggantian hanya dari katalog yang sama)
    4.Special Order
    Kami memiliki jaringan dan kerjasama yang baik dengan para pengrajin sepatu, tas, dan fashion. Jika anda ingin memiliki Brand/Merk sendiri untuk outlet anda, atau anda memiliki order dari Perusahaan, Kampus, atau Lembaga Lainnya. Silahkan tentukan model dan bahannya atau bisa juga anda ambil dari katalog, akan kami kerjakan dengan minimum order tertentu, anda pun akan mendapatkan harga yang lebih murah.
    5. Big Size Shoes
    Untuk katalog tertentu, kami menerima order satuan Big Size Shoes 43 s/d 48. Silahkan Hubungi Kami.

    Balas

  24. Dhea Tri Yuniar
    Mei 23, 2009 @ 15:56:16

    Tugas Study Kelayakan Bisnis
    Pak,Saya kirimkan tugas ini untuk memenuhi perbaikan nilai tanya jawab yang kosong.
    Nama : Dhea Tri Yuniar
    NPM : 0107352
    Kelas : A
    PELUANG BISNIS FASHION DI BANDUNG
    Bandung sebagai Kota Mode
    Bandung, kota yang sudah tidak asing di telinga, apalagi kalau sudah berbicara masalah mode. Bandung merupakan salah satu kota yang menjadi tujuan wisata oleh kebanyakan orang. Begitu banyak tempat yang bisa dikunjungi untuk menghabiskan akhir pekan. Salah satu tujuan wisatawan datang ke Kota Bandung adalah untuk berbelanja.
    Memang tidak salah bila orang rela mengeruk kantong untuk berbelanja di kota mode Bandung. Selain harga yang terjangkau, Bandung juga menyediakan berbagai trend terbaru dalam memenuhi hasrat pecinta mode.
    Di setiap akhir pekan Bandung selalu dipenuhi wisatawan yang ingin berbelanja atau sekedar mengetahui trend mode terkini. Hal ini terlihat dengan begitu padatnya wisatawan yang datang dari berbagai kota, diantaranya Jakarta, Bogor, dan berbagai kota lainnya.
    Untuk menemukan tempat belanja, khususnya pakaian tidaklah sulit, Karena hampir di sepanjang jalan-jalan di Bandung bisa kita temukan berbagai distro dan factory outlet. Dengan banyaknya FO maupun distro terkadang malah membuat pengunjung bingung untuk mengunjungi yang mana.
    Melihat begitu banyaknya minat wisatawan akan produk-produk garmen Bandung, kami hadir dengan menawarkan kepada siapa saja yang ingin memulai atau mengembangkan usaha perdagangan pakaian. Kami menawarkan kepada siapa saja yang berminat untuk menjadi agen produk-produk garmen Bandung. Yang anda perlukan untuk memulai usaha ini hanyalah sebuah catalog dan Pricelist. Dapatkan Katalog Dan PriceListnya . Keterangan lebih lanjut silahkan lihat menu KEAGENAN.
    PRODUK – PRODUK BANDUNG MODIS
    BandungModis menyediakan beragam produk dengan kualitas tinggi. Produk-produk yang tersedia di BandungModis adalah Pakaian Pria, Pakaian Wanita dan asesoris-asesoris fashion seperti dompet, tas, topi dan produk fashion lainnya.

    Gambar diatas adalah beberapa contoh produk yang ada di BandungModis.
    Produk-produk berikutnya akan segera ditampilkan
    Untuk mendapatkan katalog produk-produk lain selain yang tampilkan diatas, anda bisa langsung mendownload dari halaman ini, Namun kami hanya memberi sampel 4 Katalog saja, jadi untuk selengkapnya silahkan lihat menu Keagenan.
    Agen Pakaian, Sepatu, Sandal, Tas, dan Accesories Fashion Lain
    Saat ini kami bekerjasama dengan beberapa produsen Sepatu, tas, pakaian dan produk garmen lainnya di Bandung. Pada kesempatan ini kami mengajak anda bergabung untuk menjadi agen sepatu, pakaian, sandal, tas, dan accessories fashion lainnya. Produk-produk yang kami tawarkan merupakan produk-produk asli buatan Bandung..
    Keunggulan Bisnis bersama kami:
    1. Memiliki Katalog Cetak
    Hal ini memudahkan bagi agen untuk menjual produk, karena agen tidak perlu modal awal yang banyak. Konsumen bisa mmilih secara leluasa produk yang diminati melalui katalog sekaligus mengetahui harganya. Efektiff Bukan ?? dari pada anda harus membawa-bawa produk. Hanya dengan bermodalkan catalog dan pricelist dari kami, anda sudah bisa memulai berdagang
    2. Produk selalu up to date dan ditujukan untuk semua kalangan ekonomi dan usia
    Kami menyediakan ribuan item yang terdiri dari produk Tas, Sepatu, Sendal, Fashion Distro, Busana Muslim, dan Asesoris dengan model yang selalu diupdate dalam kurun waktu tertentu. Dan Hebatnya lagi produk tersebut ditujukan untuk semua kalangan ekonomi dan usia, jadi anda tak usah berpikir keras kemana anda akan menjualnya. Diri Anda, Keluarga, Lingkungan Tempat Tinggal, Dan Lingkungan Bekerja Anda PASTI membutuhkan, dan menyukai produk-produk tersebut. Bukan Hal Yang Susah Bukan ??
    3. Sistem Retur Bebas
    Bagi anda yang memiliki toko, tentunya merupakan masalah jika produk-produk anda tidak cepat laku, karena pergantian model atau permintaan konsumen yang berubah, Anda ingin mengganti model, menukar nomor, akan kami layani dengan senang hati. Selama barang tidak rusak, belum dipakai, tetap ada label/merek, dan tidak lebih dari 2 bulan (penggantian hanya dari katalog yang sama)
    4.Special Order
    Kami memiliki jaringan dan kerjasama yang baik dengan para pengrajin sepatu, tas, dan fashion. Jika anda ingin memiliki Brand/Merk sendiri untuk outlet anda, atau anda memiliki order dari Perusahaan, Kampus, atau Lembaga Lainnya. Silahkan tentukan model dan bahannya atau bisa juga anda ambil dari katalog, akan kami kerjakan dengan minimum order tertentu, anda pun akan mendapatkan harga yang lebih murah.
    5. Big Size Shoes
    Untuk katalog tertentu, kami menerima order satuan Big Size Shoes 43 s/d 48. Silahkan Hubungi Kami.

    Balas

  25. Yulia Esti Dwipayani
    Mei 23, 2009 @ 16:37:20

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Pak, saya kirimkan tugas ini untuk perbaikan nilai tanya jawab yang kosong.

    Nama : Yulia Esti Dwipayani
    NPM : 0107365
    Kelas : B

    PELUANG USAHA INTERNET DI BANDUNG

    Hampir semua orang punya cita-cita ingin memiliki bisnis sendiri. Tapi sering kali, mereka bingung bagaimana memulainya, bisnis apa yang harus mereka geluti dan bagaimana pula prospeknya.

    Salah satu bisnis yang menjanjikan adalah Bisnis Internet. Revolusi informasi memang tengah berjalan, seperti juga ketika mobil yang merevolusi kereta kuda, kamera digital yang mulai menggantikan kamera manual dan kini INTERNET juga telah mengubah kebiasaan masyarakat dalam mencari informasi dan berbisnis.

    Dan sekarang kita atau setidaknya anak muda sekarang yang menjadi future market semakin sering mendengar kata-kata seperti ini, “Lihat di internet aja” atau “Cari di internet aja”.
    Apapun, mulai dari membandingkan harga gadget, booking tiket pesawat, lihat berita terkini, lihat iklan penjualan rumah atau mobil, beli macam-macam barang, dan masih banyak lagi. “Apapun bisnisnya”, internet tempat jualannya.

    Internet memang tempat menjadi pemasaran produk dan jasa yang paling menjanjikan saat ini. Karena jangkauan yang luas, ke seluruh dunia. Selain itu juga karena pasarnya yang tertarget dan sistem otomatisasinya, membuat pemasaran jadi lebih efektif dan efisien dari segi biaya, waktu dan tenaga.
    Untuk Bisnis Internet di Bandung sendiri memang sekarang banyak sekali dibicarakan orang. Bisnis ini memang sedang dalam proses booming.

    Kenapa saya katakan demikian, karena proses peningkatan penggunaan internet di Bandung terus berlanjut secara signifikan. Dari mana dapat kita katakan bahwa Bisnis Internet di Bandung sedang mengalami peningkatan?

    Pertama, Dengan semakin banyaknya penyedia layanan internet dengan harga terjangkau dan semakin meluas ke pelosok-pelosok daerah di Bandung.

    Kedua, Semakin banyaknya digunakan internet sebagai media promosi, misalnya keberhasilan Barack Obama menjadi presiden karena bisa menggalang dana kampanye hingga jutaan dollar US dari para pendukungnya melalui media internet.

    Selain itu semakin banyak orang Bandung yang terbukti sukses menghasilkan uang dari membangun bisnis internet semakin membuktikan bahwa memang bisnis internet di Bandung sedang mengalami perkembangan yang luar biasa.
    Pengguna bisnis internet meningkat signifikan 600% setiap tahunnya, Jadi hal ini adalah potensi yang sangat menjanjikan sekali untuk melakukan bisnis internet di Bandung.

    Untuk bisa mulai memiliki bisnis internet sendiri sebenarnya banyak informasi yang bisa didapat di internet secara cuma-cuma. Kita dapat melihat dan coba-coba beragam model bisnis dengan mengetahui bagaimana cara kerjanya sehingga bisa menjalankan bisnis internet yang dapat menghasilkan. Ada ribuan bahkan puluhan ribu website berupa forum-forum, blog dan lainnya yang berisikan informasi mengenai cara berbisnis di internet ini.

    Kendala utama jika kita melakukan hal seperti itu adalah akan banyak menyita waktu, tenaga, biaya dan lainnya, apalagi jika kita memiliki kegiatan tetap sehari-hari, misalnya bekerja kantoran, kuliah, atau kesibukan lainnya. Waktu akan banyak habis tersita untuk mencari informasi yang tepat dari sedemikian banyaknya di internet ini, apalagi jika kita memang masih sangat awam, otomatis waktu, tenaga dan biaya yang dikeluarkan juga akan besar sekali, kita akan terus mengalami trial dan error untuk mencari solusi yang tepat.

    Jadi pilihan selanjutnya adalah mendapatkan informasi panduan bisnis internet yang berbayar alias tidak gratis. Walaupun berbayar, kita akan sangat banyak menghemat segalanya sehingga biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan panduan ini sangatlah tidak besar dibandingkan manfaatnya.

    Kita mungkin pernah menjumpai beberapa website Indonesia yang berisikan pengalaman bagaimana seseorang setelah sekian lama mencoba berbagai cara akhirnya berhasil menemukan suatu metode yang tepat sehingga berhasil secara signifikan memiliki bisnis internet yang sangat sukses, penghasilan mereka bisa dikatakan sangat fantastis. Uang mengalir dengan sendirinya tiap hari ke rekening mereka tampa henti. Karena hal itu saya ingin membagi metode suksesnya yang telah dirangkum dan disusun sedemikian rupa sehingga menjadi panduan yang bisa diikuti oleh siapapun untuk bisa segera memiliki bisnis internet sukses seperti mereka.

    Ada 3 poin yang sangat perlu diperhatikan untuk pemilihan panduan bisnis internet yang ditawarkan :

    1. Produk, ini memang hal yang utama. Dengan produk berupa ebook yang berkualitas kita benar-benar sangat terbantu untuk mulai dan akhirnya bisa memiliki bisnis internet yang sukses. Metode-metode yang diberikan memang terbukti sangat berpotensi untuk menghasilkan income yang menjanjikan, kita tidak perlu lagi mengalami trial dan error yang bisa menghabiskan waktu, tenaga, dan biaya yang percuma. Dan panduannya memang sangat bisa digunakan oleh para pemula yang awam tentang bisnis internet ini.

    2. Program Afiliasi, kita bisa menjadi reseller. Artinya kita bisa menawarkan dan menjual produk panduan bisnis internet mereka dengan mendapatkan komisi 50% dari harga jualnya. Program afiliasi ini sangat berguna sekali untuk mendapatkan pengalaman berharga bagaimana kita bisa melakukan promosi dan penjualan di internet ini, sehingga nilai plusnya adalah ketika nanti memiliki website bisnis internet sendiri, kita sudah sangat mengerti bagaimana membuat website kita bisa ramai dikunjungi setiap harinya sehingga akan sangat berpotensi untuk mendatangkan profit tentunya. Teknik bagaimana untuk menjadi reseller sehingga bisa melakukan promosi dan penjualan akan lengkap ditemukan di reseller area. Selain itu pengelola juga telah menyediakan website replika GRATIS untuk kita sebagai reseller, jadi tidak perlu report untuk membuat website lagi untuk keperluan promosi ini.

    3. Support, pengelola atau pemilik dari bisnis ini harus memiliki support yang bagus. Biasanya support utama diberikan di member area dan blog berupa forum tanya jawab dari pengelola, di sini juga kita banyak menemui utiliti berupa aplikasi pendukung serta tips yang disediakan untuk membantu dalam mempraktekkan eBook panduan bisnis internet dan juga support untuk bisa menjadi reseller yang handal. Selain itu support juga diberikan via email .
    Memang sekarang ini banyak dijumpai website yang menawarkan panduan untuk berbisnis internet, tetapi dari sekian banyak, tidak sedikit pula yang sebenarnya adalah PENIPUAN, mereka ini sangat tidak bertanggung jawab dan bisa saja nantinya merusak kepercayaan di dunia bisnis internet ini, tidak sedikit korban karena ulah mereka. Salah satu tujuan blog ini dibuat adalah untuk mengurangi hal tersebut terjadi, jadi semaksimal mungkin penipuan dengan modus operandi bisnis internet ini bisa dihindari.
    Panduan Bisnis Internet berikut sudah terbukti dapat diandalkan untuk dapat membantu siapa saja yang ingin memiliki bisnis internet yang bisa menghasilkan. Mereka ini termasuk yang telah memberikan kontribusi positif bagi perkembangan Bisnis Internet.

    Balas

  26. Sri Rahayu.D
    Mei 23, 2009 @ 16:44:41

    Tugas Studi Kelayakan Bisnis
    Pa saya kirim tugas ini untukmemenuhi perbaikan tugas.
    Nama : Sri Rahayu.Depiyanti
    Npm:0107223
    Kls:A
    PELUANG USAHA STUDIO PHOTO di BANDUNG
    HP pada saat sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang,dan semakin maraknya hp yang dijual dengan harga yang relatif murah menjadikan trend dikalangan remaja, ini bisa menjadi peluang usaha yang sangat menguntungkan bila kita pandai memanfaatkan momen ini, seperti dengan membuka Studio Photo kecil-kecilan, memanfaatkan komputer, kamera digital poket dan printer photo. Memang saat ini sudah banyak orang yang membuka usaha dibidang ini, tapi biasanya mereka kurang konsesisten, hanya dijadikan sebagai pelengkap di toko yang menjual Pulsa & HP.
    Peluang usaha ini sangat baik palagi di kota bandung sendiri sudah banyak sekali orang yang mempunyai HP kamera sehingga dengan berbisnis ini bias sangat menguntungkan,dan sebagian besar orang banyak mengabadikan moment-moment yang special sehingga untuk kenang-kenangan foto tersebut di cetak.
    Target utama pada usaha ini yaitu kalangan anak muda,remaja,mahasiswa,anak sekolah dan target yang paling utama adalah orang yang mempunyai HP atau mempunyai kamera digital.
    Peluang usaha ini selain hanya mencetak photo juga menawarkan untuk photo studio dengan berbagai paket mulai dari paket hemat gaya,past photo sampai dengan paket yang yang relative tinggi misalnya:
    • Photo Wisuda
    • Photo Keluarga
    • Photo gaya.dll
    • Usaha ini juga menyediakan layanan jasa photo wedding\
    Usaha ini menerima cetak dari HP, kamera, Flashdisk dll, dan ini juga menarik minat konsumen karena usaha ini terkesan usaha spesialis dalam mencetak photo, sehingga mereka lebih percaya.
    Biaya Investasi untuk memulai usaha ini yaitu:
    • Peralatan baru untuk studio photo (computer, kamera, printer, dll)
    • Pelatihan Program Photo Editing Sampai Bisa
    • Spanduk dan Brosur Promosi full color
    • Suplay bahan baku
    • CD Format Ukuran Photo, Contoh Desain, Background Photo, Frame Bingkai Photo, Frame,kalender
    Melirik bisnis yang satu ini, memang kebanyakan orang akan enggan untuk berani memulainya, apalagi bagi Anda yang berkantong ‘tipis’ karena bisa dibilang bisnis ini memerlukan modal yang tidak sedikit. Namun karena keuntungan yang menggiurkan tiap bulannya, saya mereferensikan peluang usaha ini sebagai bisnis lahan uang baik bagi Anda yang bermodal cukup atau bermodal pas-pasan.

    Balas

  27. dikky kurniawan
    Mei 25, 2009 @ 16:01:13

    Assalamualaikum Wr.Wb. pa, saya kirimkan tugas makalah ini buat kekosongan nilai ke3 (N3).,,sebelumnya saya ucapkan terima kasih….

    NAMA : DIKKY KURNIAWAN
    NRP : 01.05.357
    KELAS : B
    PERIHAL : Tugas Makalah untuk kekosongan nilai 3 (N3)

    BISNIS LAPANGAN FUTSAL DI BANDUNG

    Belakangan ini hobi bermain futsal nampaknya semakin tinggi dan sangat diminati dari mulai anak-anak hingga orang dewasa, dari kota besar hingga daerah. Dengan memiliki luas tanah yang cukup besar, maka peluang usaha yang akan dimulai memiliki prospek yang bagus dengan membuat lapangan futsal untuk disewakan. Apalagi jika tanah yang dimiliki berdekatan dengan perkantoran, sekolah, kampus dan sebagainya. Ini memungkinkan peluang bisnis yang akan dijalani akan semakin cepat berkembang, dengan begitu modal yang dikeluarkan oleh kita akan semakin cepat kembali. Dengan melakukan promosi yang baik, maka akan bagus pula prospek yang akan didapat dari lapangan futsal ini. yaitu minat para masyarakat akan futsal di tempat kita semakin tinggi. Maka daripada itu saya menganjurkan bisnis yang cukup mempunyai peluang usaha yang masih bagus adalah membuat sewa lapangan futsal.
    Selain itu, dengan promosi yang baik. Tidak lupa juga memberikan harga yang relatif murah dari harga sewa lapangan futsal yang lainnya. Ini dimaksudkan untuk melakukan persaingan pasar yang baik, sehingga masyarakat akan mempertimbangkan dari segi harga sewa lapangan futsal ini.
    Berikut adalah hal-hal yang perlu dipersiapkan apabila kita berminta untuk membuat sebuah lapangan futsal:
    1. Tentukan Luas lokasi yang ingin dijadikan usaha membuat lapangan futsal sesuaikan dengan jumlah lapangan yang ingin dibuat. Berikut referensi ukuran satu lapangan futsal:
    Ukuran Umum: Panjang:25 m – 45 m, Lebar: 15 m – 25 m
    Ukuran Internasional: Panjang: 38 m – 42 m, Lebar: 18 m – 22 m
    2. Tentukan anggaran yang diperlukan dalam membuat lapangan futsal. Berikut contoh anggaran dalam membuat lapangan futsal ukuran 25 meter x 15 meter (awal tahun 2008):
    1. Lapangan :
    a. Rumput Sintetis = Rp. 150.000.000
    b. Vyneels = Rp. 170.000.000
    2. Bola Futsal : 2 pcs @ Rp. 150.000 = Rp. 300.000
    3. Rompi : 24 pcs @ Rp. 20.000 = Rp. 480.000
    4. Lighting : 12 pcs @ Rp. 900.000 = Rp. 10.800.000
    5. Tiang Untuk Lighting : 6 pcs @ Rp. 450.000 = Rp. 2.700.000
    Total pembuatan lapangan rumput sintetis = Rp 164.280.000
    Total pembuatan lapangan vyneels = Rp. 184.280.000
    Keterangan :
    1. Biaya pembuatan lapangan futsal sudah termasuk biaya rumput, gawang, jaring gawang dan jaring pengaman keliling lapangan. Harga sudah termasuk biaya pemasangan.
    2. Lighting memakai daya 350 watt. Harga sudah termasuk kabel dan biaya pemasangan.
    3. Tiang lighting berukuran tebal 1,25 inch dengan tinggi 4 meter. Harga sudah termasuk biaya pemasangan tiang.
    3. Persiapkan semua hal yang diperlukan dalam pembuatannya, berikut yang perlu diperhatikan:
    o Lokasi dan bangunan.
    o Bahan Lapangan: lantai semen (paling murah), ubin, parkit kayu, rumput alami dan sintetis (lebih mahal)
    o Gawang, bola, kaos tim (sewa) dan peralatan untuk futsal lainnya
    o Jaring : yang digunakan untuk pagar sekeliling lapangan
    o Kawat baja : yang digunakan sebagai tiang pada jarring
    o cat putih untuk membuat garis pembatas lapangan dan lingkar lapangan.
    o spon/busa digunakan kalau lapangan dekat dengan tembok untuk mengindari cedera pemain
    o Tempat menunggu (jangan terlalu sempit, agar konsumen puas atas pelayanannya)
    o Tempat parkir yang cukup luas (bila perlu gratis, biar banyak pengunjunggnya)
    o Jam, buku tamu dan peralatan pendukung lainnya
    o Fasilitas hiburan seperti TV kalau perlu PS, Timezone, dll (sebagai hiburan untuk menunggu dan bermain agar terlihat eksklusif)
    4. Tentukan harga penyewaannya,, standarnya untuk lapangan futsal rumput sintetis, biasanya berkisar 50 rb – 130 rb keatas (outdoor) dan 150 rb keatas (indoor). Sebaiknya survey dulu harga-harga sekitarnya supaya tercipta persaingan yang sehat.

    Kesimpulan :
    Bisnis sewa lapangan futsal merupakan salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan di kota Bandung ini, dikarenakan di kota ini animo masyarakat terhadap olah raga sangat tinggi. Selain itu sewa lapangan futsal ini masih jarang ditemukan di Bandung ini. Sehingga saya dapat yakin, kalau bisnis usaha ini akan mempunyai prospek yang sangat bagus, jika dapat digarap dengan baik dan jujur.
    Oleh karena itu, saya mengajukan bisnis ini di daerah kota bandung dengan alasan, modal yang dikeluarkan akan cepat kembali. Sehingga pendapatan yang akan diperoleh akan besar dengan kembalinya modal yang telah kita investasikan. Dan saya rasa bisnis sewa lapangan futsal ini dapat dikatakan layak sekali, dikarenakan proses pengembalian modal yang cukup cepat.

    Balas

  28. silfi siti safarini
    Mei 26, 2009 @ 14:28:07

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Pak, saya kirimkan tugas ini untuk perbaikan nilai tanya jawab yang kosong.

    Nama : Silfi Siti Safarini
    Npm : 0107122
    Kelas : B

    Bunga Krisan Potensi Untuk Menjadi Komoditas Ekspor

    bunga Krisan, adalah salah satu jenis bunga potong yang cukup familiar bagi manusia. Tidak hanya di Indonesia tapi juga sudah dikenal di dunia. Itu karena prospek budidaya krisan sebagai bunga potong sangat cerah, didukung dengan pasar yang sangat potensial serta berdaya serap tinggi.

    Saat ini krisan termasuk bunga yang paling populer di Indonesia karena memiliki keunggulan yaitu bunganya kaya warna dan tahan lama, bunga krisan pot bahkan dapat tetap segar selama 10 hari.

    Selain itu, bunga krisan juga memiliki jenis yang cukup banyak, sedikitnya ada 55 varietas. Warnanya pun cukup beragam, yaitu merah tua, kuning, hijau, putih, campuran merah putih dan lainnya.

    Tanaman hias krisan merupakan bunga potong yang penting di dunia. Prospek budidaya krisan sebagai bunga potong sangat cerah, karena pasar potensial yang dapat berdaya serap tinggi sudah ada. Diantara pasar potensial tersebut adalah Jerman, Inggris, Swiss, Italia, Austria, America Serikat, Swedia dsb.

    Peluang untuk mengembangkan budidaya tanaman krisan, guna memenuhi kebutuhan baik dalam maupun luar negri agaknya tetap terbuka. Seiring dengan permintaan bunga potong krisan yang semakin meningkat maka peluang agribisnis perlu terus dikembangkan.

    Krisan kesegarannya dapat bertahan tidak layu di vas bunga hingga dua minggu sesudah dipetik. Dari beberapa jenis varietas krisan berwarna kuning dan hijau yang paling banyak dicari. Persentasenya mencapai 90%, sementara sisanya memilih warna-warna lain.

    Regional Agribusiness Competitiness Specialist Amarta (lembaga di bawah naungan USAID yang peduli dengan kondisi pertanian), Erik Meliala, mengungkapkan, seiring permintaan bunga potong krisan yang semakin meningkat, maka peluang agribisnis tanaman ini sangat menarik dikembangkan sebagai lahan investasi.

    Selama ini Tanah Karo sebagai daerah yang memproduksi bunga krisan boleh dibilang tidak sanggup memenuhi permintaan pasar, bahkan untuk pasar Medan sekalipun. Karena tingginya permintaan bunga di Kota Medan seringkali harus mendatangkannya dari wilayah Jawa Barat.

    “Ini kan suatu hal yang sangat disayangkan. Padahal kita punya lahan dan potensi yang cukup besar namun untuk pasar di Kota Medan saja, kita tak bisa memenuhinya,”ungkap Erik.

    Menurut Erik, peluang pasar bunga krisan Tanah Karo sudah bisa mencapai Singapura yang secara geografis lebih dekat dengan Sumatera Utara dibandingkan dengan wilayah Jawa Barat.

    “Sebagai bahan informasi bunga krisan dari Singapura itu didatangkan dari Jawa Barat lho. Nah, peluang ini justru tidak dapat dimanfaatkan oleh petani krisan di Tanah Karo,”ungkapnya.

    Bunga asli China yang dikembangkan oleh Jerman dan Belanda ini, menurut Erik, sudah sejak lama dibudidayakan di Indonesia termasuk di Tanah Karo. Namun kenyataannya perkembangannya tidak menggembirakan.

    Kemajuan budidaya yang dilakukan para petani bunga di krisan di Tanah karo tidak semaju budidaya yang dikembangkan oleh petani di Jawa Barat. Ini terbukti dari kurang bisanya petani bunga krisan di Tanah Karo memenuhi permintaan pasar.

    Prospek Bunga Krisan
    Budidaya krisan sebagai bunga potong sangat cerah, karena pasar potensial yang dapat berdaya serap tinggi sudah ada. Diantara pasar potensial tersebut adalah Jerman, Inggris, Swiss, Italia, Austria, America Serikat, Swedia dsb.

    Saat ini krisan termasuk bunga yang paling populer di Indonesia karena memiliki keunggulan yaitu bunganya kaya warna dan tahan lama, bunga krisan pot bahkan dapat tetap segar selama 10 hari.

    Peluang untuk mengembangkan budidaya tanaman krisan, guna memenuhi kebutuhan baik dalam maupun luar negri agaknya tetap terbuka. Seiring dengan permintaan bunga potong krisan yang semakin meningkat maka peluang agribisnis perlu terus dikembangkan.

    Menurut Erik, dalam pengembangan budidaya krisan, AMARTA melakukan transfer teknologi dan praktik langsung budidaya green house dengan material lokal seperti bambu. Praktik ini bukan hal yang baru dalam pengembangan dan budidaya krisan.

    Sistem yang dipakai selama ini, cukup dengan menggunakan tutup plastik tembus cahaya matahari, sehingga produktivitas bunga krisan pada saat panen tidak serentak. Padahal, kata Erik, untuk memenuhi permintaan pasar produk bunga krisan harus serentak panen (siap petik-red). Makanya sistem ini perlu dimodifikasi dengan cahaya lampu.

    Salah satu kekurangan iklim Indonesia adalah penyinaran cahaya matahari yang tidak begitu panjang. Sehingga untuk mendapatkan hasil yang maksimal (serentak panen-red), maka tanaman bunga tersebut harus diperpanjang pencahayaannya dengan menambahkan pencahayaan selama tiga jam.

    “Kelemahan pertanian di Indonesia adalah sangat tergantung pada iklim dan intensitas matahari sehingga hal ini sangat memengaruhi musim panen dan juga rentan penyakit. Oleh karena itu, perlu dilakukan modifikasi-modifikasi yang memungkinkan, salah satunya adalah pemberian cahaya lampu di green house tersebut,”ungkap terang Erik.

    Balas

  29. Dery Alfian Lutfi
    Mei 28, 2009 @ 16:25:59

    Pak sebelumnya saya mohon maaf, saya mengirimkan tugas ini untuk memenuhi tugas SKB. Terima Kasih

    NAMA : Dery Alfian Lutfi
    NPM : 01.06.141
    KLS : B

    Studi kelayakan sangat diperlukan oleh banyak kalangan, khususnya terutama bagi para investor yang selaku pemrakarsa, bank selaku pemberi kredit, dan pemerintah yang memberikan fasilitas tata peraturan hukum dan perundang-undangan, yang tentunya kepentingan semuanya itu berbeda satu sama lainya. Investor berkepentingan dalam rangka untuk mengetahui tingkat keuntungan dari investasi, bank berkepentingan untuk mengetahui tingkat keamanan kredit yang diberikan dan kelancaran pengembaliannya, pemerintah lebih menitik-beratkan manfaat dari investasi tersebut secara makro baik bagi perekonomian, pemerataan kesempatan kerja, dll.
    Mengingat bahwa kondisi yang akan datang dipenuhi dengan ketidakpastian, maka diperlukan pertimbangan-pertimbangan tertentu karena didalam studi kelayakan terdapat berbagai aspek yang harus dikaji dan diteliti kelayakanya sehingga hasil daripada studi tersebut digunakan untuk memutuskan apakah sebaiknya proyek atau bisnis layak dikerjakan atau ditunda atau bahkan dibatalkan. Hal tersebut diatas adalah menunjukan bahwa dalam studi kelayakan akan melibatkan banyak tim dari berbagai ahli yang sesuai dengan bidang atau aspek masing-masing seperti ekonom, hukum, psikolog, akuntan, perekayasa teknologi dan lain sebagainya.
    Dan studi kelayakan biasanya digolongkan menjadi dua bagian yang berdasarkan pada orientasi yang diharapkan oleh suatu perusahaan yaitu berdasarkan orientasi laba, yang dimaksud adalah studi yang menitik-beratkan pada keuntungan yang secara ekonomis, dan orientasi tidak pada laba (social), yang dimaksud adalah studi yang menitik-beratkan suatu proyek tersebut bisa dijalankan dan dilaksanakan tanpa memikirkan nilai atau keuntungan ekonomis.
    Jadi pengertian studi kelayakan proyek atau bisnis adalah penelitian yang menyangkut berbagai aspek baik itu dari aspek hukum, sosial ekonomi dan budaya, aspek pasar dan pemasaran, aspek teknis dan teknologi sampai dengan aspek manajemen dan keuangannya, dimana itu semua digunakan untuk dasar penelitian studi kelayakan dan hasilnya digunakan untuk mengambil keputusan apakah suatu proyek atau bisnis dapat dikerjakan atau ditunda dan bahkan ditadak dijalankan.
    Aspek yang terdapat pada studi kelayakan proyek atau bisnis yang terdiri dari berbagai aspek yang sudah disebutkan di atas antara lain :
    1. Aspek hukum, Berkaitan dengan keberadaan secara legal dimana proyek akan dibangun yang meliputi ketentuan hukum yang berlaku termasuk :
    a. Perijinan :
    i) Izin lokasi :
    • sertifikat (akte tanah), • bukti pembayaran PBB yang terakhir, • rekomendasi dari RT / RW / Kecamatan
    ii) Izin usaha : • Akte pendirian perusahaan dari notaris setempat PT/CV atau berbentuk badan hukum lainnya.
    • NPWP (nomor pokok wajib pajak), • Surat tanda daftar perusahaan, • Surat izin tempat usaha dari pemda setempat
    • Surat tanda rekanan dari pemda setempat, • SIUP setempat, • Surat tanda terbit yang dikeluarkan oleh Kanwil Departemen Penerangan
    2. Aspek sosial ekonomi dan budaya, Berkaitan dengan dampak yang diberikan kepada masyarakat karena adanya suatu proyek tersebut :
    a. Dari sisi budaya, Mengkaji tentang dampak keberadaan peroyek terhadap kehidupan masyarakat setempat, kebiasaan adat setempat.
    b. Dari sudut ekonomi, Apakah proyek dapat merubah atau justru mengurangi income per capita panduduk setempat. Seperti seberapa besar tingkat pendapatan per kapita penduduk, pendapatan nasional atau upah rata-rata tenaga kerja setempat atau UMR, dll.
    c. Dan dari segi sosial , Apakah dengan keberadaan proyek wilayah menjadi semakin ramai, lalulintas semakin lancer, adanya jalur komunikasi, penerangan listrik dan lainnya, pendidikan masyarakat setempat.
    Untuk mendapatkan itu semua dengan cara wawancara, kuesioner, dokumen, dll. Untuk melihat apakah suatu proyek layak atau tidak dilakukan dengan membandingkan keinginan investor atau pihak yang terkait dengan sumber data yang terkumpul.
    3. Aspek pasar dan pemasaran, Berkaitan dengan adanya peluang pasar untuk suatu produk yang akan di tawarkan oleh suatu proyek tersebut : • Potensi pasar, • Jumlah konsumen potensial, konsumen yang mempunyai keinginan atau hasrat untuk membeli.
    • Tentang perkembangan/pertumbuhan penduduk, • Daya beli, kemampuan konsumen dalam rangka membeli barang mencakup tentang perilaku, kebiasaan, preferensi konsumen, kecenderungan permintaan masa lalu, dll.
    • Pemasaran, menyangkut tentang starategi yang digunakan untuk meraih sebagian pasar potensial atau pelung pasar atau seberapa besar pengaruh strategi tersebut dalam meraih besarnya market share.
    4. Aspek teknis dan teknologi, Berkaitan dengan pemilihan lokasi proyek, jenis mesin, atau peralatan lainnya yang sesuai dengan kapasitas produksi, lay out, dan pemilihan teknologi yang sesuai.
    5. Aspek manajemen, Berkaitan dengan manajemen pembangunan proyek dan operasionalnya.
    6. Aspek keuangan, Berkaitan dengan sumber dana yang akan diperoleh dan proyeksi pengembaliannya dengan tingkat biaya modal dan sumber dana yang bersangkutan.

    Anda boleh membuat studi kelayakan bisnis yang baik, antara lain dengan kriteria:
    1. Usahanya bisa dijalankan. Lebih baik lagi kalau usaha itu sudah operasional.
    2. Usaha itu menguntungkan. Lebih baik lagi kalau keuntungannya cukup besar.
    3. Usaha itu membutuhkan modal sedikit. Lebih baik lagi tanpa modal.
    4. Bagi hasilnya menarik hati pemilik modal
    5. Lebih baik bila anda menjamin dana milik investor tidak hilang.

    Secara umum tujuan penyusunan studi kelayakan, pada intinya adalah untuk mencari jawaban dari pertanyaan-pertanyaan berikut ini :
    (1) Apakah produk yang akan ditawarkan marketable atau tidak
    (2) dari sisi produksi, apakah secara teknis dapat dilakukan dan sustainable
    (3) dari sudut pandang manajemen, apakah bisnis tersebut efektif dan efisien
    (4) ditinjau dari sisi hukum termasuk usaha yang legal atau illegal ? dan yang terakhir dari sisi keuangan
    (5) apakah bisnis tersebut profitable atau tidak? Jika jawabannya adalah marketable, sustainable, efektif dan efisien, legal dan profitable, berarti bisnis tersebut LAYAK. Layak untuk dibiayai/diberikan kredit/didirikan/dan atau disetujui ijinnya.

    Balas

  30. Dery Alfian Lutfi
    Mei 28, 2009 @ 16:39:15

    Pak sebelumnya saya mohon maaf, saya mengirimkan tugas ini untuk memenuhi tugas SKB. Terima Kasih

    NAMA : Dery Alfian Lutfi
    NPM : 01.06.141
    KLS : B

    Studi kelayakan sangat diperlukan oleh banyak kalangan, khususnya terutama bagi para investor yang selaku pemrakarsa, bank selaku pemberi kredit, dan pemerintah yang memberikan fasilitas tata peraturan hukum dan perundang-undangan, yang tentunya kepentingan semuanya itu berbeda satu sama lainya. Investor berkepentingan dalam rangka untuk mengetahui tingkat keuntungan dari investasi, bank berkepentingan untuk mengetahui tingkat keamanan kredit yang diberikan dan kelancaran pengembaliannya, pemerintah lebih menitik-beratkan manfaat dari investasi tersebut secara makro baik bagi perekonomian, pemerataan kesempatan kerja, dll.
    Mengingat bahwa kondisi yang akan datang dipenuhi dengan ketidakpastian, maka diperlukan pertimbangan-pertimbangan tertentu karena didalam studi kelayakan terdapat berbagai aspek yang harus dikaji dan diteliti kelayakanya sehingga hasil daripada studi tersebut digunakan untuk memutuskan apakah sebaiknya proyek atau bisnis layak dikerjakan atau ditunda atau bahkan dibatalkan. Hal tersebut diatas adalah menunjukan bahwa dalam studi kelayakan akan melibatkan banyak tim dari berbagai ahli yang sesuai dengan bidang atau aspek masing-masing seperti ekonom, hukum, psikolog, akuntan, perekayasa teknologi dan lain sebagainya.
    Dan studi kelayakan biasanya digolongkan menjadi dua bagian yang berdasarkan pada orientasi yang diharapkan oleh suatu perusahaan yaitu berdasarkan orientasi laba, yang dimaksud adalah studi yang menitik-beratkan pada keuntungan yang secara ekonomis, dan orientasi tidak pada laba (social), yang dimaksud adalah studi yang menitik-beratkan suatu proyek tersebut bisa dijalankan dan dilaksanakan tanpa memikirkan nilai atau keuntungan ekonomis.
    Jadi pengertian studi kelayakan proyek atau bisnis adalah penelitian yang menyangkut berbagai aspek baik itu dari aspek hukum, sosial ekonomi dan budaya, aspek pasar dan pemasaran, aspek teknis dan teknologi sampai dengan aspek manajemen dan keuangannya, dimana itu semua digunakan untuk dasar penelitian studi kelayakan dan hasilnya digunakan untuk mengambil keputusan apakah suatu proyek atau bisnis dapat dikerjakan atau ditunda dan bahkan ditadak dijalankan.
    Aspek yang terdapat pada studi kelayakan proyek atau bisnis yang terdiri dari berbagai aspek yang sudah disebutkan di atas antara lain :
    1. Aspek hukum, Berkaitan dengan keberadaan secara legal dimana proyek akan dibangun yang meliputi ketentuan hukum yang berlaku termasuk :
    a. Perijinan :
    i) Izin lokasi :
    • sertifikat (akte tanah), • bukti pembayaran PBB yang terakhir, • rekomendasi dari RT / RW / Kecamatan
    ii) Izin usaha : • Akte pendirian perusahaan dari notaris setempat PT/CV atau berbentuk badan hukum lainnya.
    • NPWP (nomor pokok wajib pajak), • Surat tanda daftar perusahaan, • Surat izin tempat usaha dari pemda setempat
    • Surat tanda rekanan dari pemda setempat, • SIUP setempat, • Surat tanda terbit yang dikeluarkan oleh Kanwil Departemen Penerangan
    2. Aspek sosial ekonomi dan budaya, Berkaitan dengan dampak yang diberikan kepada masyarakat karena adanya suatu proyek tersebut :
    a. Dari sisi budaya, Mengkaji tentang dampak keberadaan peroyek terhadap kehidupan masyarakat setempat, kebiasaan adat setempat.
    b. Dari sudut ekonomi, Apakah proyek dapat merubah atau justru mengurangi income per capita panduduk setempat. Seperti seberapa besar tingkat pendapatan per kapita penduduk, pendapatan nasional atau upah rata-rata tenaga kerja setempat atau UMR, dll.
    c. Dan dari segi sosial , Apakah dengan keberadaan proyek wilayah menjadi semakin ramai, lalulintas semakin lancer, adanya jalur komunikasi, penerangan listrik dan lainnya, pendidikan masyarakat setempat.
    Untuk mendapatkan itu semua dengan cara wawancara, kuesioner, dokumen, dll. Untuk melihat apakah suatu proyek layak atau tidak dilakukan dengan membandingkan keinginan investor atau pihak yang terkait dengan sumber data yang terkumpul.
    3. Aspek pasar dan pemasaran, Berkaitan dengan adanya peluang pasar untuk suatu produk yang akan di tawarkan oleh suatu proyek tersebut : • Potensi pasar, • Jumlah konsumen potensial, konsumen yang mempunyai keinginan atau hasrat untuk membeli.
    • Tentang perkembangan/pertumbuhan penduduk, • Daya beli, kemampuan konsumen dalam rangka membeli barang mencakup tentang perilaku, kebiasaan, preferensi konsumen, kecenderungan permintaan masa lalu, dll.
    • Pemasaran, menyangkut tentang starategi yang digunakan untuk meraih sebagian pasar potensial atau pelung pasar atau seberapa besar pengaruh strategi tersebut dalam meraih besarnya market share.
    4. Aspek teknis dan teknologi, Berkaitan dengan pemilihan lokasi proyek, jenis mesin, atau peralatan lainnya yang sesuai dengan kapasitas produksi, lay out, dan pemilihan teknologi yang sesuai.
    5. Aspek manajemen, Berkaitan dengan manajemen pembangunan proyek dan operasionalnya.
    6. Aspek keuangan, Berkaitan dengan sumber dana yang akan diperoleh dan proyeksi pengembaliannya dengan tingkat biaya modal dan sumber dana yang bersangkutan.

    Anda boleh membuat studi kelayakan bisnis yang baik, antara lain dengan kriteria:
    1. Usahanya bisa dijalankan. Lebih baik lagi kalau usaha itu sudah operasional.
    2. Usaha itu menguntungkan. Lebih baik lagi kalau keuntungannya cukup besar.
    3. Usaha itu membutuhkan modal sedikit. Lebih baik lagi tanpa modal.
    4. Bagi hasilnya menarik hati pemilik modal
    5. Lebih baik bila anda menjamin dana milik investor tidak hilang.

    Secara umum tujuan penyusunan studi kelayakan, pada intinya adalah untuk mencari jawaban dari pertanyaan-pertanyaan berikut ini :
    (1) Apakah produk yang akan ditawarkan marketable atau tidak
    (2) dari sisi produksi, apakah secara teknis dapat dilakukan dan sustainable
    (3) dari sudut pandang manajemen, apakah bisnis tersebut efektif dan efisien
    (4) ditinjau dari sisi hukum termasuk usaha yang legal atau illegal ? dan yang terakhir dari sisi keuangan
    (5) apakah bisnis tersebut profitable atau tidak? Jika jawabannya adalah marketable, sustainable, efektif dan efisien, legal dan profitable, berarti bisnis tersebut LAYAK. Layak untuk dibiayai/diberikan kredit/didirikan/dan atau disetujui ijinnya.

    Balas

  31. gea
    Jun 02, 2009 @ 08:16:01

    Ass Pak, hari ini uas skb..
    doakan kita semuah lancar pak…

    nuhun… :D

    Balas

  32. Anne CH P Saragih
    Jun 02, 2009 @ 14:08:11

    Selamat siang Pak…
    Pa saya kirim tugas ini untuk memenuhi perbaikan tugas.
    Nama: ANNE CH P S
    NPM : 0107A21
    Kls : B

    Fashion Bergaya Etnis
    Dunia Fashion adalah dunia yang tidak pernah mati, selalu berubah dan memiliki trend nya sendiri. Dari zaman dulu hingga sekarang orang tidak pernah bosan mengikuti perkembangan fashion. Perempuan, sebagai pengguna dan pecinta fashion terbesar cenderung memiliki anggapan bahwa fashion dapat menunjukan identitas diri, style, kepercayaan diri. Anggapan itulah yang senantiasa membuat usaha fashion selalu menjanjikan.
    Salah satu jenis fashion yang kembali diminati konsumen adalah fashion bergaya etnis, hal ini ditandai dengan banyaknya masyarakat yang mengemari batik. Bukan hanya sebagai pakain resmi tapi juga untuk santai dan bergaya. selain itu muncul pila corak – corak bernuansa tradisional dalam beberapa jenis perlengkapan busana seperti sepatu, tas, dan kerudung.
    diharapkan dengan dibukanya usaha ini masyarakat dapat menemukan pakaian dan aksesoris bergaya etnis dengan model yang menarik dan tidak ketingalan zaman.
    Keunggulan produk ini yakni dimana produk yang dihasilkan adalah buatan tanggan. Dengan bekerjasama dengan pengusaha home industry yang memproduksi pakaian dan perlengkapan berbusana yang menggunakan teknik handmade (buatan tangan) dan cara yang masih tradisional sehingga sulit ditiru. Terbuat dari bahan yang berkualitas tinggi, corak dan desain yang unik dan menarik.
    Produk tidak dibuat dalam jumlah banyak, sehingga terbatas dan bersifat esklusif.

    Balas

  33. Anne CH P Saragih
    Jun 02, 2009 @ 14:13:56

    Nama : ANNE CH P SARAGIH
    NPM : 0107A21
    Kls : B

    Selamat Siang Pa

    Pa, ujiannya membinggungkan dan susah.

    Saya bisa perbaikan ga Pa???

    Makasih Pa……..

    Balas

  34. Farizh Hakim Setiobhekti
    Jun 03, 2009 @ 20:54:50

    Assalamu’alaikum Wr. Wb
    Pak, saya sudah mengirmkan tugas perbaikan nilai UTS SKB ke email bapak. Atas perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih.

    Wass.

    Ini saya muat juga d blog bapak.
    PROPOSAL USAHA

    Pasar terdiri dari pembeli dan penjual, pembeli itu sendiri berbeda-beda dalam satu hal atau lebih. Mereka dapat berbeda dalam keinginan, daya beli, lokasi geografis, perilaku pembelian, dan praktek pembelian mereka. Setiap variabel ini dapat digunakan untuk mensegmentasi suatu pasar. Dari pernyataan diatas, segmentasi pasar jelas dinilai sangat perlu untuk mengenali sejauh mana konsumen menyukai produk yang di pasarkan.
    2.1 Aspek Pasar
    2.1.1 Segmentasi Pasar
    Masing–masing pembeli secara potensial merupakan pasar yang terpisah karena kebutuhan dan keinginan yang unik. Penjual dapat merancang produk atau program pemasaran yang terpisah untuk masing-masing pembeli. Kebanyakan penjual tidak akan menemukan keuntungan dengan “menyesuaikan” produk mereka untuk masing-masing pelanggan. Sebaliknya, penjual mengidentifikasi jenis-jenis pembeli yang berbeda dalam persyaratan produk dan atau tanggapan pemasaran. Penjual juga dapat menemukan perbedaan nyata antara kebutuhan pembeli yang lebih muda dengan pembeli yang lebih tua.
    Seperti usaha yang dijalankan dalam berwirausaha ini mengambil jalur perdagangan kue mochi. Kue mochi sebenarnya sudah tidak asing bagi masyarakat pada umumnya, dan kami mencoba untuk memasarkan kue mochi tersebut dalam bentuk kemasan yang berbeda dari biasanya. Seperti penambahan pita dan bungkus plastik serta mengemasnya menjadi bentuk layaknya bingkisan atau parsel kecil.
    Perubahan kemasan mochi yang berbeda dari biasanya dilakukan untuk mengubah pandangan masyarakat mengenai kue mochi dalam keranjang menjadi lebih unik dan membuat para konsumen lebih tertarik untuk membelinya. Dari hasil yang demikian pun, keuntungan tetap diperoleh meskipun harga harus dinaikkan sedikit lebih tinggi dari harga biasa. Tetapi konsumen tidak merasa kecewa dengan harga yang kami berikan, karena kualitas kue mochi yang kami tawarkan jauh lebih baik dari kue mochi yang ada dipasaran dan bentuk kemasannya yang berbeda.
    Produk yang kami tawarkan berupa kue mochi ini tidak memiliki pasaran yang dikhususkan untuk individual atau kelompok. Tetapi siapa saja yang menyukai dan ingin mencoba rasa dari kue mochi. Rata-rata konsumen yang membeli kue mochi adalah mahasiswa dan umum, dimana dalam pendefinisiannya mencakup remaja dan orang dewasa.
    Pemasaran mochi ini dilakukan setiap minggu, hal ini telah diperhitungkan sebelum mochi dipasarkan. Pemasaran seminggu sekali juga dilakukan untuk menghindari kebosanan konsumen terhadap kue mochi, selain itu untuk menghindari terjadinya kadaluarsa atau basi pada kue mochi tersebut. Tetapi jika ingin menikmati kue mochi dalam kurun waktu kurang dari seminggu, konsumen juga dapat memesannya.
    Pasar, segmen pasar, dan ceruk pasar
    Segmen pasar adalah sekelompok besar yang dapat diidentifikasi dalam suatu pasar. Ceruk Pasar (niche) adalah kelompok yang didefinisikan dengan lebih sempit yang dapat dicari kombinasi manfaat khusus. Pada saat penjual membagi pasar dengan memperkenalkan ciri-ciri pendefinisian yang lebih banyak, segmen cenderung terurai menjadi sekelompok ceruk pasar.
    Segmen pasar biasanya menarik beberapa pesaing, sementara niche menarik satu atau hanya sedikit pesaing. Pemasar niche mungkin memahami kebutuhan niche mereka dengan begitu baiknya sehingga pesaing bersedia membayar tambahan harga. Pelanggan dalam niche mempunyai satuan kebutuhan yang jelas dan agak rumit ; mereka akan membayar tambahan harga pada perusahaan yang paling memuaskan kebutuhan mereka; pemasar niche perlu melakukan spesialisasinya agar dapat berhasil; dan pemimpin niche tidak dapat diserang dengan mudah oleh pesaing yang lain.
    Untuk usaha mochi ini tidak memiliki ceruk pasar dengan pasti. Karena pemasaran yang dilakukan tersebar, tidak hanya satu tempat dan kemungkinan untuk memiliki pesaing jauh lebih besar.
    Untuk mengidentifikasi keunggulan bersaing yang mungkin biasanya dapat dilihat dari konsumen memilih produk dan jasa yang memberikan nilai terbesar bagi mereka. Jadi, kunci keberhasilan dan mempertahankan pelanggan adalah dengan memahami lebih baik kebutuhan dan proses pembelian mereka ketimbang yang dipahami pesaing dan menyerahkan nilai lebih besar. Atau dengan jalan menawarkan harga yang lebih murah daripada pesaing atau dengan memberikan lebih besar karena harganya lebih tinggi.
    Untuk mengenali kelemahan pesaing kita dapat mengetahuinya lewat pengalaman pribadi yang dilaksanakan lewat riset pemasaran primer terhadap pelanggan, pemasok, dan lain-lain. Tetapi ada juga dengan cara membandingkan produk yang kita pasarkan dengan produk pesaing.
    Adapun keunikan produk yang dijual dibandingkan dengan produk yang lain terdapat dalam kemasan kue mochi yang dibungkus dengan keranjang yang berbentuk kotak dengan bahan dasar bambu, yang kemudian dibungkus kembali seperti bingkisan. Dimana dalam setiap kemasan bingkisan tersebut bervariasi, terdiri dari 1 kotak kue mochi, 2 kotak kue mochi dan 5 kotak kue mochi.
    2.1.2 Target Pasar
    Jumlah pembeli potensial tidak dapat ditentukan, karena konsumen dari penjualan kue mochi tidak dapat dipastikan tetapi tidak sedikit juga yang datang dari kalangan umum dan mahasiswa, dimana dalam pendefinisiannya mencakup remaja dan orang dewasa.
    Dalam pelaksanaan pemasarannya yang telah kita lakukan dalam satu minggu sekali ini dapat memasarkan kue mochi sekitar 25 – 30 kotak. Dan dalam sekali pelaksanaannya dapat melayani 8 – 10 orang, itupun tergantung dari jumlah kotak yang akan dibeli. Sedangkan untuk pemasaran mochi dalam satu bulan diperkirakan dapat memasarkan 100 – 120 kotak.
    2.1.3 Posisi Pasar
    Beriringan dengan perkembangan pasar, keinginan konsumen menjadi berubah pula. Pada saat ini gaya hidup yang masyarakat jalani adalah sebuah gaya hidup yang simple serta modern, oleh karena itu mereka tidak ingin membeli suatu barang yang menurut mereka merepotkan. Keinginan konsumen ini lebih kepada suatu produk yang selain praktis, juga menarik dan multifungsi. Bila di korelasikan dengan mochi yang kami tawarkan kepada mereka, terdapat beberapa keinginan mereka yang dapat kami penuhi diantaranya adalah bentuk yang menarik dan lebih praktis, walaupun dalam hal ini tidak multifungsi tetapi kami sudah dikatakan dapat menguasai pasar, dengan produk mochi ini tentunya.
    Dengan mengutamakan keaslian dari hasil kreatifitas yang kami terapkan dalam produk yang dijual, kami berusaha untuk menjadi sebuah wirausaha pioneer atau pelopor daripada menjadi follower. Terlebih perasaan puas menghasilkan sesuatu yang berbeda dengan yang lain menjadi suatu hal yang cukup menyenangkan.
    Dalam mendirikan suatu usaha, wajar apabila keuntungan yang akan diperoleh pada masa yang akan datang begitu dipikirkan. Terlebih lagi usaha tersebut dikatakan tergolong masih baru. Karena usaha yang kami dirikan ini tergolong masih muda maka yang kami lebih prioritaskan adalah harga daripada mutu dari produk itu sendiri. Mengapa kami lebih memilih untuk lebih mementingkan harga, karena dalam tahap awal wirausaha kami yang menjadi tujuan utama adalah mendapatkan keuntungan dari penjualan produk mochi ini. Mutu kami tidak prioritaskan dikarenakan pada saat kami membeli produk ini dari produsen secara langsung, kami sudah menetapkan terlebih dahulu produk mana yang sudah baik kualitasnya, oleh karena itu kami tidak mempermasalahkan kembali mengenai masalah ini.
    Terlepas dari masalah mutu dan harga, bila dalam kepentingannya diantara produk dan pelanggan, kami lebih banyak memberikan vote bahwa pelanggan harus lebih diutamakan, dengan dasar pemikiran apabila produk menjadi prioritas utama maka kita tidak dapat mengetahui apa yang menjadi selera pelanggan pada saat itu. Bila dalam usaha kami lebih mementingkan pelanggan maka produk dapat kami modifikasikan sesuai dengan selera mereka, jadi selain dapat mengetahui kondisi pasar pada saat kami berwirausaha, kami juga mendapatkan keuntungan lainnya yaitu kami memiliki ceruk pasar.
    Kembali mengingat bahwa usaha ini masih tergolong baru, kami mentargetkan mochi ini alangkah lebih baik apabila dipasarkan di dalam negeri, dengan alasan bahwa kami ingin memperkuat jaringan di dalam negeri terlebih dahulu sebelum akhirnya memasarkannya di luar negeri. Lagipula dalam negeri pun masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui produk yang kami pasarkan, yaitu mochi.
    2.1.4 Produk / Jasa
    Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa produk yang dijual adalah mochi. Mochi ini berasal dari daerah sukabumi dimana bila ditilik lebih jauh mengenai sejarahnya, mochi adalah sebuah makanan yang kerap disajikan oleh orang–orang etnis Tionghoa pada zaman dahulu, pembuatnya pun asli dari negeri tirai bambu ini hingga akhirnya diwariskan hingga saat ini kepada anak cucu mereka. Mochi ini berbentuk bulat dengan ditaburi bubuk putih seperti salju pada sekeliling makanan mochi tersebut, oleh karena itu makanan ini pun dijuluki sebagai putri salju. Makanan ini biasanya dikemas dalam bentuk kotak yang terbuat dari anyaman bambu sehingga tampak sangat menarik. Tapi, kami tetap membuatnya menjadi lebih menarik lagi.
    2.1.5 Harga
    Mengenai masalah harga yang akan ditetapkan, kami sebagai pelaku wirausaha mempertimbangkan salah satu hal, Break Event Point. Kami mengusahakan dengan harga yang kami tetapkan, diharapkan minimal dapat mengembalikan modal yang telah kami keluarkan. Lebih baik lagi apabila mendapatkan keuntungan dengan penentuan harga tersebut. Oleh karena itu, harga yang kami lemparkan kepada masyarakat sedikit meningkat dari harga sebenarnya walau tidak begitu jauh.
    2.1.6 Sistem Distribusi
    Sistem distribusi yang kami lakukan dalam wirausaha ini lebih kepada sistem produsen perantarakonsumen. Karena kami yang pada kenyataannya tidak ahli dalam bidang food and beverages ini, maka kami menempatkan diri hanya sebagai perantara antara produsen dan konsumen yang notabene mencari segmen pasar tersebut.
    2.1.7 Promosi
    Berbicara mengenai hal promosi, mengingat wirausaha yang kami bangun masih kecil, maka promosi yang kami lakukan kepada masyarakat disekitar adalah dengan melalui media mouth to mouth. Dengan waktu yang cukup singkat, promosi yang kami lakukan pada saat setelah kuliah atau sedang dalam sebuah forum dirasakan cukup berhasil. Walaupun tidak melalui sarana iklan di berbagai media, hasil yang dirasakan cukup menggembirakan, dilihat dari ketertarikan mereka akan produk mochi kami.
    2.2 Aspek Lokasi
    Lokasi pemasaran kue mochi ini mengambil tempat di daerah gasibu, kampus dan daerah sekitar kost an. Usaha ini tidak mengambil tempat seperti pertokoan, perumahan atau pabrik, karena usaha ini masih berupa usaha mula atau usaha kecil mikro. Dan pemasarannya dilakukan dengan menawarkan produk kepada konsumen di keramaian, tanpa harus menyewa tempat. Adapun biaya yang dikeluarkan hanya sebatas biaya transportasi untuk menuju tempat tersebut.
    2.3 Aspek Produksi/Operasi
    Usaha yang kami jalankan merupakan usaha perdagangan yang masih berskala kecil sehingga fasilitas yang dibutuhkan untuk usaha ini pun tidak begitu banyak. Adapun fasilitas yang diperlukan dalam menjalankan usaha ini hanya berupa peralatan sederhana seperti pita dan plastik pembungkus kado. Dalam menjalankan proses produksi pembuatan mochi, kita hanya mengambil produk yang sudah ada (barang jadi) dari produsen, dimana produk sudah dibungkus dengan menggunakan anyaman bambu berbentuk kotak yang setiap kotak berisikan 10 buah mochi.
    Kemudian untuk menarik perhatian pembeli, produk dibungkus lagi dengan plastik dan memakai seutas pita sebagai pengikat yang berbentuk sebuah parcel kecil. Setelah produk dibungkus, selanjutnya disimpan di tempat penyimpanan barang dan siap untuk dipasarkan. Cara penjualan produk mochi ini hanya berkisar 1-2 hari saja. Mochi yang dipasarkan berbentuk keranjang ini dihargai Rp.2000,00 per keranjangnya. Dan sedikit modal tambahan untuk membeli bahan-bahan pembungkus kemasan.

    2.4 Aspek Legalitas Dan Manajemen
    Apabila dilihat dari aspek legalitas maka usaha yang kami dirikan belum memiliki badan usaha yang tetap, akan tetapi jika usaha ini berjalan dengan lancar maka direncanakan akan membentuk sebuah Perusahaan Dagang (PD).
    Dalam usaha penjualan mochi ini tidak diperlukan keahlian khusus, hanya dibutuhkan strategi dan cara menawarkan barang yang menarik pada konsumen. Pegawai yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak karena produk yang akan dijual sudah berupa barang jadi, sehingga pekerja yang menjalankan usaha ini hanya berjumlah 5 orang dan 1 orang yang bertindak sebagai pemimpin.
    Struktur organisasi dalam usaha yang kami dirikan berupa struktur organisasi garis lurus atau lini, dimana pimpinan menangani seluruh masalah yang terjadi pada saat berjalannya usaha ini. Adapun struktur organisasinya adalah sebagai berikut :

    Adapun tugas dan tangggung jawab dari masing bagian adalah sebagai berikut :
    a. Pimpinan
    1. Memberikan saran-saran pada pegawai
    2. Mengontrol jalannya kegiatan bawahannya
    3. Menentukan harga pembelian dan penjualan kue mochi
    b. Bag. Pemasaran
    Terdiri dari 2 pegawai.
    1. Bertanggung jawab kepada pimpinan
    2. Melakukan transaksi penjualan dengan pembeli
    3. Menganalisa perilaku konsumen untuk penjualan berikutnya
    c. Bag. Keuangan
    Terdiri dari 1 orang.
    1. Bertanggung jawab kepada pimpinan
    2. Bertanggung jawab atas keluar masuknya uang hasil proses penjualan
    3. Bertugas mengendalikan keuangan serta mencatat transaksi keuangan yang terjadi juga mengatur pembayaran yang ada.
    4. Bertanggung jawab menerima uang hasil penjualan secara periodik dan mencatatnya serta membuat bukti penerimaan uang tersebut.
    d. Bag. Produksi
    Terdiri dari 2 orang.
    1 Bertanggung jawab kepada pimpinan
    2. Menyiapkan barang yang akan dijual
    3. Mengemas barang yang akan dijual dengan kemasan yang telah ditentukan.
    Dengan adanya aspek manajemen yang telah terstruktur diatas dapat menjadi pendorong dalam terciptanya visi dan tujuan usaha, karena masing-masing pelaku usaha sudah memahami fungsi dan peranannya masing-masing dalam organisasi sreta memiliki persepsi yang sama tentang visi dan tujuan usaha yang dijalankan ini.

    2.5 Aspek Keuangan
    Modal investasi pada awal usaha ini diperoleh dari patungan masing-masing pegawai. Dimana setiap modal awal dikeluarkan dengan jumlah yang sama. Modal awal sebesar Rp.600.000,00 ini dianggap sebagai modal investasi untuk melakukan suatu kegiatan usaha. Dan untuk memulai usaha kerja modal yang digunakan adalah Rp. 360.000,00. yang digunakan untuk membeli produk dan kemasannya yang kemudian akan dipasarkan kembali. Dengan demikian rincian laporan keuangan yang digunakan adalah sebagai berikut :
    Contoh pengeluaran minggu I :
    Modal awal Rp.60000
    Pembelian mochi awal Rp.30000
    Pita + kertas kado Rp. 1500
    Transportasi Rp. 4500
    Rp. 36000 –
    Total Rp. 24000

    Contoh penjualan minggu I :
    Mochi @ keranjang Rp.2000
    Penjualan 25 keranjang mochi (25 X Rp.2000) Rp.50000

    LAPORAN RUGI LABA
    Per Desember 2008
    Pendapatan Perusahaan Rp.68500
    Beban Operasional
    1. Beban transport Rp.18000
    2. Beban perlengkapan Rp. 6000+
    Rp.24000-
    Laba Bersih Rp.44500

    LAPORAN PERUBAHAN MODAL
    Per Desember 2008
    Modal 5 Desember 2004 Rp. 60000
    Laba Bersih Rp. 44500+
    Modal 31 Desember 2004 Rp.104500

    NERACA
    Per Desember 2008
    Aktiva Hutang + Modal
    Kas Rp.104500 Hutang Rp.-
    Modal Rp.104500+
    Total Aktiva Rp.104500 Total Hutang+Modal Rp.104500

    PROYEKSI
    Usaha yang kami dirikan belum memiliki badan usaha yang tetap, akan tetapi jika usaha ini berjalan dengan lancar maka direncanakan akan membentuk sebuah Perusahaan Dagang (PD).
    Dari laporan keuangan diatas dapat diperoleh kesimpulan bahwa laba yang diperoleh dapat menutupi modal awal sebesar Rp.600.000,- bahkan masing-masing anggotanya memperoleh keuntungan tambahan yang sama hanya dalam 4 kali melakukan kegiatan dagang selama sebulan.
    Dengan perkiraan proyeksi keuangan selama kurun waktu 1 tahun sebagai berikut :
    LAPORAN RUGI LABA
    Desember 2008-2009
    Pendapatan Perusahaan Rp.822000
    Beban Operasional
    1. Beban transport Rp.216000
    2. Beban perlengkapan Rp. 72000+
    Rp.288000-
    Laba Bersih Rp.534000

    LAPORAN PERUBAHAN MODAL
    Desember 2008-2009
    Modal 5 Desember 2004 Rp. 720000
    Laba Bersih Rp. 534000+
    Modal 31 Desember 2004 Rp.1.254000

    NERACA
    Desember 2008-2009
    Aktiva Hutang + Modal
    Kas Rp.1.254000 Hutang Rp.-
    Modal Rp.1.254000 +
    Total Aktiva Rp.1.254000 Total Hutang+Modal Rp.1.254000

    Payback Period:
    600.000 : 534.000 = 1,12 Bulan
    Akan mendapatkan Payback Period dalam 1, 12 bulan atau 1 Bulan.

    Laporan proyeksi keuangan ini dibuat dengan perkiraan jumlah penjualan yang sama setiap bulannya. Sehingga dari masa percobaan untuk mendirikan usaha kecil mandiri ini dapat dilihat dari segi keuntungan selama setahunnya, dan tidak menutup kemungkinan usaha kecil ini berdiri.
    Tetapi tidak menutup kemungkinan juga setiap bulannya kita menaikkan jumlah penjualan, karena jika penjualan yang selama ini dilakukan dapat mencapai keuntungan yang dapat menutupi modal awal lebih cepat dari yang diperkirakan. Maka kenaikkan dari jumlah penjualan dapat menambah angka pendapatan usaha moci ini.
    Untuk masalah beban yang terpakai, usaha ini hanya mempunyai 2 beban ;
    Beban transportasi dan beban perlengkapan. Beban transportasi diperoleh dari ongkos transportasi usaha ini yang dipasarkan digasibu. Dan beban perlengkapan diperoleh dari pembelian perlengkapan seperti pita dan pembungkus keranjang. Usaha ini hanya memiliki 2 beban karena usaha ini belum mempunyai tempat usaha sendiri untuk melakukan kegiatannya, hanya memanfaatkan yang ada (salah satu rumah anggotanya) dan untuk memiliki tempat usaha sendiri belum terfikirkan karena masih bertaraf pemula.
    Untuk mendapatkan keuntungan yang terus menerus naik, dapat diperhitungkan dengan mengubah metode dagang yang selama ini dilakukan, misalnya membuka cabang pemasaran dengan memasarkannya ke daerah kostan, menitipkan di toko-toko makanan, dsb.
    Jadi, dengan adanya perkiraan/ proyeksi keuangan selama kurun waktu 1 tahun seperti diatas, dapat disimpulkan bahwa usaha mochi yang kami lakukan layak untuk diteruskan.

    Balas

  35. Harys Hady
    Jun 04, 2009 @ 10:25:05

    Nama : Harys Hady
    NPM : 0106167
    Kelas : B

    Selamat Siang pak..
    Saya kirimkan tugas ini untuk mengisi nilai SKB yg kosong ( Nilai blog)

    Artikel Mengenai Usaha Studio Musik

    Seiring berkembangnya dunia hiburan khususnya di jalur musik, membuka persewaan studio musik dapat memberikan prospek usaha yang cukup baik. Memang sih banyak orang yang enggan untuk menjajaki bisnis ini karena butuh modal lumayan besar hanya untuk membeli peralatan musiknya. Namun menurut pandangan saya bisnis ini banyak dicari oleh calon pelanggan, karena banyak orang yang memiliki keterbatasan tempat dan uang untuk menyalurkan hobi mereka untuk bermain musik.

    Bagi Anda yang memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam bermain musik, rasanya pas banget jika Anda berniat membuka usaha ini. Tidak harus Anda fasih dalam memainkan alat-alat musik sih… Lagipula, bila Anda memiliki lahan / tempat cukup dirumah Anda (misal halaman depan/samping rumah) bisa Anda manfaatkan untuk tempat studio musiknya. Hemat biaya lokasi bukan??

    Pada umumnya, usaha ini memang tidak berdiri sendiri, namun bergabung dengan usaha lainnya seperti kursus musik, sehingga investasi pembelian alat musik dan tempat usaha dapat dimanfaatkan.

    Untuk awalnya jika Anda memiliki modal pas-pasan, Anda bisa membuka persewaan studio musik saja terlebih dahulu. Nah, untuk kedepannya, Anda bisa menambah / memperluas usaha Anda dengan menambah ruang sewa studio,menjual peralatan musik baru / second, menjual buku-buku musik bahkan kursus musik.

    TAHAP PERSIAPAN & MODAL

    * Setidaknya Anda memiliki minat/kegemaran di dunia musik, sehingga Anda tidak terlalu gaptek jika ada perkembangan baru seputar dunia musik.
    * Carilah tempat penjualan alat musik yang murah dan berkualitas baik.
    * Utamakan membeli peralatan musik yang standar digunakan diantaranya : gitar, bass, drum, organ/piano.
    * Siapkan biaya untuk renovasi tempat studio, buat semenarik dan senyaman mungkin dan kedap udara. Karena dengan tempat yang nyaman, pelanggan akan merasa betah sehingga akan memperpanjang waktu sewa mereka.
    * Biaya operasional kerja, seperti kebutuhan untuk administrasi, biaya listrik, biaya pemeliharaan alat, gaji pegawai dsb.
    * Pengetahuan teknis tentang peralatan musik, dapat menghemat biaya perawatan alat musik Anda. Jika saja pengetahuan Anda pas-pasan, paling tidak Anda memiliki tenaga / tempat servis yang dapat dipercaya untuk mengatasi kerusakan/gangguan pada peralatan.
    * Buatlah brosur semenarik mungkin, dan sebarkan di lingkungan anak-anak sekolah (SMP/SMU) dan lingkungan kampus karena kebanyakan pengguna studio musik adalah seusia mereka.

    TIPS MENJALANKAN USAHA

    Dalam menjalankan sebuah usaha, tentunya Anda harus pintar-pintar dalam mengelola dan mempertahankan eksistensi usaha Anda agar dapat berkembang dengan baik. Berikut tips dari saya mengenai usaha studio musik ini..

    * Buat rencana bisnis ini dengan matang dan sebaik-baiknya sebelum Anda memulainya. Anda tidak mau modal Anda yang cukup besar ini sia-sia bukan??
    * Selalu perhatikan alat-alat musik yang Anda sewakan, ketahui juga penggunaannya. Jangan sampai ada pelanggan yang tak bertanggungjawab merusak peralatan Anda.
    * Anda bisa memasang kamera pengintai dalam studio, sehingga tenaga operator Anda dapat selalu mengawasi penggunaannya.
    * Buatlah aturan penyewaan studio musik. Baik sewa harga per-jamnya, kapasitas orang yang boleh masuk ke studio, aturan di dalam studio dll.
    * Berikan pelayanan yang terbaik pada semua pelanggan.
    * Seiring waktu, lengkapi peralatan yang terbaru dan digemari.
    * Berikan fasilitas tempat kendaraan pelanggan yang aman. Agar pelanggan benar-benar puas terhadap pelayanan studio musik Anda.

    Balas

  36. Lyra fikitrasari
    Jun 05, 2009 @ 14:31:13

    Tugas 1

    Nama : Lyra Fikitrasari
    NRP :01.04.150

    RENCANA BISNIS GAME CENTRE

    I. PENDAHULUAN
    Dengan berkembangnya bisnis game online saat ini banyak sekali game centre yang bermunculan. Dengan semakin meningkatnya kebutuhan akan internet dan game online yang sekarang pasarnya mencakup mulai pebisnis hingga siswa SD maka diperlukan fasilitas yang cukup memadai di dalam mengikuti perkembangan jaman ini.
    Seperti kita ketahui internet dan game online merupakan sesuatu yang akan menjadi kebutuhan pokok di masa yang akan datang, bukan hanya untuk sekedar memenuhi kebutuhan akan informasi dan ajang penyaluran hobi, sekarang ini dunia internet dan game online merupakan salah satu tempat untuk penyaluran aktualisasi diri, sedikit demi sedikit tanpa dapat dipungkiri bentuk sosialisasi dikalangan masyarakat, anak muda khusunya akan berpindah dari dunia nyata ke dunia maya, dan ini merupakan celah bagi dunia bisnis untuk memberikan fasilitas pelayanan yang sebaik-baiknya bagi para pengguna internet dan game online.
    Usaha ini saya beri nama “Roro Game Centre”. Roro Game Centre merupakan usaha game centre yang menyediakan fasilitas internet hanya untuk game online saja,tidak untuk chating ataupun browsing internet.
    Usaha saya ini dari modal sendiri dan di dukung oleh sumber daya manusia yang cukup berkualitas. Saya meyakini bahwa usaha yang saya rancang akan berjalan dengan baik dan menghasilkan laba,karena saya memiliki konsep dan perencanaan untuk pelaksanaan.

    II. ASPEK PEMASARAN
    Target Pasar
    Umumnya game centre paling banyak terdapat/tersebar terutama di kota-kota besar (ibukota propinsi, dan kabupaten ). Kebanyakan game centre tersebar di dekat tempat pendidikan seperti Universitas atau SMA. Game centre juga banyak terdapat di tempat-tempat umum dimana orang bersosialisasi seperti Mall town square, dan sejenisnya. Namun beberapa dari tempat ini atau kafe-kafe tertentu ditempat ini memberikan jasa game centre berupa koneksi Wifi (hotspot) yang biasanya gratis karena sudah satu paket dengan biaya yang kita keluarkan saat minum atau makan. Biasanya pengunjung akan mendapat akun untuk memakai internet. Game centre ini banyak sekali di minati oleh anak-anak remaja dan dewasa khususnya para mahasiswa yg “gila” game.
    Lokasi
    Lokasi yang strategis untuk game centre ini terletak di sekitar kampus Universitas Pajajaran (UNPAD), ITHB,dan UNIKOM, sangat mudah terjangkau oleh mahasiswa.
    Produk
    Menyediakan berbagai game, yaitu :
    Game online :
    Seal indo Online ( Petualangan ), Kartun, Lucu, Mudah dimainkan
    Rising Force indo Online ( Petualangan ) Perang Robot, Tegang, Rumit
    Ayo Dance ( Ketangkasan ) Dansa, Mudah dimainkan
    Get Amped R ( Ketangkasan ) Fighting, lucu, mudah dimainkan
    Raknarok Online ( Petualangan ) Rumit, Game lama
    RAN Online ( Petualangan ) Perang, game menengah
    Game ofline
    Counter Strike ( Tembak Menembak ) tegang, mudah
    Warcraft III ( Strategy ) Tegang, rumit
    Generals Zero Hour ( Strategy ) perang dunia, mudah
    MotoGP 3 ( Balap Motor ) Tegang, menengah
    NFS Underground 2 ( Balap Mobil ) Seru, Tegang, Menengah
    NFS Carbon ( Balap Mobil ) Tegang, Menengah
    BattleField 2 ( Tembak Menembak ) Tegang, perang Paling lengkap.
    Harga
    Harga di “Roro Game Centre” ini bias dikatakan paling murah diantara tempat game centre lainnya. Harga per jam nya hanya Rp.3500, selain itu juga ada penawaran harga paket yaitu 3jam Rp.10.000, 5jam Rp.15.000.
    Promosi
    Game Centre yang kita bangun dapat dikenali dan menarik pengunjung, jika kita melakukan promosi. Titikberatkan pada pelayanan seperti tarif yang bervariasi, diskon, snack atau soft dink gratis.

    III. ASPEK TEKNIS
    Spesifikasi komputer
    Spesifikasi untuk game adalah menggunakan peralatan computer paling canggih yang disesuaikan dengan kebutuhan game yang akan diinstall di computer tersebut. Untuk mendapatkan harga yang tidak terlalu mahal maka digunakan part computer pada level yang paling laris saat ini dengan merek terbaik agar memiliki usia pakai yang panjang. Semua ada 10unit computer.
    Spesifikasi yang digunakan yaitu :
    Processor AMD Athlon64 3200+
    Untuk bermain game pada processor yang paling baik digunakan adalah processor yang memiliki L2 cache memory lebih besar daripada L1 Cache memory nya. Karena L1 Cache memory biasanya digunakan untuk memproses data seperti transfer data, loading, dan melakukan instalasi. Sedangkan L2 Cache memory lebih sering digunakan untuk memproses data visual. Biasanya game bermasalah di tengah-tengah permainan misalnya HANG, LAG, dan hal ini biasanya disebabkan karena proses data visual kurang baik. Jadi untuk spesifikasi game lebih baik menggunakan processor AMD, Karena AMD memilik L2 Cache memory yang lebih besar dari pada L1 Cache memory nya. memang jika menggunakan Processor ini proses loading akan berlangsung sedikit lebih lambat tapi saat bermain game performanya lebih baik sehingga mengurangi komplain dari pelanggan.
    MotherBoard Gigabyte
    Service After sales yang paling cepat dibanding merek lain
    Memory Kingston DDR2 512Mb (533)
    Karena game terbaik sekarang membutuhkan spesifikasi memory yang cukup besar maka diperlukan memory yang cukup bersar untuk menambah kinerja computer tersebut maka digunakan merek kingston dengan kapasitas memory 512Mb karena selain service after salesnya bagus serta memiliki usia pakai yang cukup lama dibanding merek lain.
    Hardisk Seagate Baracuda 120Gb 7200rpm
    Rata2 game sekarang membutuhkan 4Gb Disk free untuk tiap gamenya. Jika dalam satu computer berisi sekitar 16 – 20 game maka diperlukan hardisk yang cukup besar agar bisa menampung semua game tersebut.
    VGA HIS X1550 256Mb
    Agar tampilan saat bermain game tidak putus-putus serta dapat menggunakan resolusi yang tinggi sehingga terlihat indah dan dan realistis, hal ini menambah sensasi saat bermain game.
    Monitor LG Flat 17”
    Untuk mengurangi radiasi ke mata serta menambah kenyamanan pemain game yang rata2 bermain lebih dari 2 jam, maka digunakan monitor yang menggunakan banyak layer di kacanya seperti light frame pada philips serta live view pada LG. Intinya semua menambah kenyamanan saat bermain game dan menambah indah tampilan computer itu sendiri.
    Speaker Creative SBS 2.1
    Speaker biasanya digunakan yang biasa, padahal dari speaker ini sensasi bermain game menjadi semakin realistis. Maka dari itu digunakan speaker dengan 2 sattelite dan 1 Sub Woofer. Sehingga mulai suara tweeter hingga bass dapat terdengar dengan baik.
    KeyBoard & Mouse 1 Set Logitech Optical
    Karena sekarang mouse dengan menggunakan bola sudah mulai ditinggalkan karena perawatan untuk membersihkan roller di dalam mouse tersebut dirasa merepotkan. Maka sekarang digunakan mouse dengan optical sebagai pengganti bola yang pada prakteknya hampir tidak memerlukan perawatan kebersihan pada alasnya, sehingga kini membersihkan hanya pada tombol mouse dan keyboard saja. Dengan demikian memudahkan operator untuk bekerja.
    Program
    Operating System Windows XP Home ( System )
    Open Office 2.2
    Mozila Firefox ( browsing internet )
    Flash Get ( Download )
    Yahoo Messengger 8.1 ( Chatting )

    IV. ASPEK SUMBER DAYA MANUSIA
    Pemilik “Roro Game Centre” ini adalah Lyra fikitrasari sekaligus sebagai manager dari game centre ini. Operator berjumlah 4orang,dengan jadwal 2orang shif siang dan 2orang shif malam.

    V. ASPEK KEUANGAN
    Sumber dana modal pribadi Rp.40.000.000
    Alokasi :
    1. Sewa tempat 1 tahun Rp.5.000.000
    2. Pembelian Komputer 10 unit, 1unit @ Rp. 2.500.000 = Rp.25.000.000
    3. Dekorasi tempat Rp.4.000.000
    4. Promosi Rp.200.000
    5. Upah tenaga kerja = 4orang x Rp.500.000 = Rp. 2.000.000
    6.Alat tulis Rp.50.000
    7.Alat-alat Toilet Rp.50.000
    Total alokasi Rp.36.300.000

    Balas

  37. Lyra fikitrasari
    Jun 05, 2009 @ 14:33:17

    Tugas 2

    Nama : Lyra fikitrasari
    NRP : 01.04.150

    Stuktur Organisasi The Prince Coffee Shop

    Dalam menjalankan bisnisnya, maka The Prince Coffee shop membutuhkan beberapa tenaga kerja agar dapat beroperasi. Oleh karena itu manajemen atau pemilik The Prince Coffee shop telah menyusun suatu struktur organisasi yang diharapkan dapat menunjang bisnis yang sedang dijalankan. Berikut adalah struktur organisasi The Prince Coffe Shop : pimpinan adalah Sales Area Manager, dan membawahi Head Bakery, Bakery staff, Barista, Server, Public relation, Accounting, Purchasing, Security

    Job Description :

    Untuk menjelaskan masing-masing jabatan dalam struktur organisasi The Prince Coffee Shop, maka diperlukan suatu uraian pekerjaan sebagai berikut:

    Nama Jabatan : Pemilik Usaha
    Hubungan Organisasi : Dengan Karyawan
    Ringkasan Pekerjaan : Pemilik usaha adalah pengendali dan pembuat keputusan tertinggi
    yang menyangkut kelangsungan hidup perusahaan
    Tugas dan tanggung jawab :
    1. Membuat perencanaan, strategi, dan kebijakan yang menyangkut operasional perusahaan
    2. Menyusun anggaran perusahaan dan program kerja
    3. Menjamin operasional Coffee shop secara hukum
    4. Melakukan kontrol secara keseluruhan atas operasional Coffee Shop
    5. Memegang kendali atas keputusan penting yang bersifat umum atau berkaitan dengan masalah regulasi dan finansial
    6. Bertanggung jawab dalam memajukan usaha
    7. Menangani hubungan eksternal dengan stakeholder seperti halnya kerjasama, negosiasi antar korporat, pemerintah dan pihak-pihak luar yang secara langsung atau tidak langsung dapat mempengaruhi kondisi perusahaan
    8. Memegang kunci master seluruh ruangan Coffee Shop

    Nama Jabatan : Sales Area Manager
    Hubungan Organisasi : Bertanggung jawab kepada pemilik usaha
    Ringkasan Pekerjaan : Bertugas memimpin dan menangani hal-hal yang berkaitan dengan
    operasional perusahaan baik internal maupun eksternal
    Tugas dan tanggung jawab :
    Tanggung jawab keuangan
    1. Bertanggung jawab terhadap hal-hal yang menyangkut keuangan perusahaan baik
    operasional sehari-hari ataupun kebutuhan yang bersifat tidak terjadwal Berkontribusi terhadap profitabilitas Coffee shop dengan mencari peluang untuk
    meningkatkan penjualan, mengatur persediaan barang serta mengontrol biaya produksi dan tenaga kerja Memanage laporan keuangan harian, mingguan dan per periode akuntansi. Memastikan semua mesin pencatat transaksi dan penanganan uang tunai berfungsi dengan baik Memastikan jumlah dan jenis bahan-bahan untuk produksi sesuai dengan yang sudah dipesan dan tidak mengalami kekurangan persediaan Meneliti dan mengembangkan produk-produk yang memiliki peluang besar untuk dapat diterima di pasar Secara efektif mengkomunikasikan informasi produk baru kepada pelanggan

    2.Tanggung jawab Personalia
    Melatih dan mengembangkan karyawan agar dapat memenuhi standar perusahaan dalam
    beroperasi dan melayani pelanggan Mendorong keikutsertaan karyawan untuk mencapai target perusahaan dan rencana peningkatan Menentukan susunan kebutuhan karyawan harian dan mingguan, melakukan seleksi calon karyawan Menentukan susunan kebutuhan karyawan harian dan mingguan, melakukan seleksi calon karyawan, mewawancarai, membuat keputusan rekruitmen dan penghentian karyawan, menjadwalkan dan membagi secara adil jam kerja karyawan, dan menjadwalkan waktu
    libur karyawan Memecahkan persoalan dan keluhan dari para karyawan, melakuka evaluasi kerja dan peninjauan gaji serta membuat teguran untuk karyawan manakala perlu

    3. Memelihara Kualitas Operasi Perusahaan Memastikan semua prosedur dan standar serta kebijakan perusaaan telah dikomunikasikan secara efektif kepada seluruh karyawan serta dijaga dan diikuti secara konsisten Mengikuti semua petunjuk dan garis besar kebijakan
    Dan prosedur manual perusahaan untuk menciptakan dan memelihara lingkungan kerja yang baik dan aman untuk semua karyawan dan pelanggan Mengorganisir seluruh pekerjaan di Coffee shop dalam suatu cara yang memudahkan efisiensi layanan pelanggan dan menguntungkan bagi perusahaan Memastikan penampilan dan peralatan Coffee shop dirawat secara konsisten Menjaga konsistensi kecepatan dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan dengan memastikan semua susunan kebutuhan karyawan Melakukan konsultasi dan konsolidasi kepada pemilik usaha untuk menangani hal-hal yang tidak dapat diputuskan sendiri Bertanggung jawa atas hubungan perusahaan dengan pihak luar Bertanggung jawab terhadap sejumlah dokumen-dokumen strategis perusahaan Menjadi humas terhadap segala sesuatu yang telah diputuskan oleh perusahaan baik yang sifatnya internal maupun eksternal

    Nama Jabatan : Accountant
    Hubungan Organisasi : Bertanggung jawab kepada Sales Area Manager
    Ringkasan Pekerjaan : Bertanggung jawab terhadap akuntansi keuangan perusahaan
    Tugas dan tanggung jawab :
    1. Melaporkan secara berkala mengenai penggunaan dan pemasukan dana perusahaan. .
    2. Mencatat pengadaan dana secara utuh dan tetap pada waktunya
    3. Membuat laporan keuangan tahunan
    4. Mengatur A/R dan A/P perusahaan serta pembayaran pajak
    5. Menjalankan tugas yang diberikan oleh Manajer untuk melakukan kegiatan keuangan dalam pencapaian tujuan perusahaan
    6. Mengelola dana anggaran perusahaan untuk disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan
    7. Mengkaji biaya produksi yang tinggi
    8. Menghitung gaji bulanan karyawan
    9. Membayar pembelian persediaan barang, perlengkapan dan peralatan kantor
    10. Memegang kunci cadangan ruangan kantor yang dibawa pulang

    Nama Jabatan : Head Baker / Pastry
    Hubungan Organisasi : Bertanggung jawab kepada Sales Area Manager
    Ringkasan Pekerjaan : Mencampur dan memanggang bahan-bahan sesuai dengan resep
    untuk memproduksi roti, cake, dan makanan lainnya sebagai produk
    konsumsi dan juga membantu sales area manager untuk mengatur
    operasional dapur :
    Tugas dan tanggung jawab
    1. Pengatur strategi produksi. Melakukan rencana strategi produk dan inovasi baru, melibatkan makanan dan stafnya. The Prince Coffee Shop | 10/3/2007
    2. Pemasar. Melakukan usaha menjual dan memaksimalkan perolehan (revenue)
    3. Berperan sebaga pelatih-pendidik untuk seni membuat Pastry
    4. Pemapar strategi bisnis bagi Coffee Shop. Memberi dukungan pada manajemen dan berjalan sinergi dengan bagian keuangan dan marketing

    Nama Jabatan : Bakery / Pastry Staff
    Hubungan Organisasi : Bertanggung jawab kepada Head Baker / Pastry
    Ringkasan Pekerjaan : Membantu Head Baker / Pastry dalam menjalankan tugasnya
    terutama yang berhubungan dengan pembuatan roti, kue dan
    makanan lainnya
    Tugas dan tanggung jawab :
    1. Weighs and measures ingredients, using measuring cups and spoons
    2. Mixes ingredients to form dough or batter by hand or using electric mixer
    3. Rolls and shapes dough, using rolling pin and cuts dough in uniform portions with knife, divider, cookie cutter
    4. Molds dough in desired shapes, places dough in greased or floured pans, and trims overlapping edges with knife
    5.Mixes and cooks pie fillings, and pours fillings into pie shells and tops filling with meringue or cream
    6. Checks production schedule to determine variety and quantity of goods to bake
    7. Spreads or sprinkles toppings on loaves or specialities and places dough in oven, using long-handled paddlle (peel)
    8. Covers filling with top crust; places pies in oven; and adjust drafts or Thermostatic controls to regulate oven temperaturs
    9.Mixes ingredients to make icings, decorates cakes and pastries, and blend colors for icings, shaped ornaments, and statuaries
    10. Cuts, peels, and prepares fruit for pie fillings

    Nama Jabatan : Barista
    Hubungan Organisasi : Bertanggung jawab kepada Head Baker / Pastry
    Ringkasan Pekerjaan : Bertanggung jawab untuk kegiatan operasional setiap tahunnya dan keseluruhan penampilan Coffee shop dan area yang terkait
    Tugas dan tanggung jawab :
    1. Customer Service
    o Menyambut dan beriteraksi dengan setiap pelanggan
    o Mencari tahu kebutuhan pelanggan kemudian menyarankan produk yang sesuai kepada
    setiap pelanggan untuk meningkatkan pelayanan sampai dengan terjadinya penjualan
    o Memberikan demonstrasi pembuatan minuman kepada pelanggan dengan mempergunakan
    peralatan yang tersedia
    o Memberikan tanggapan terhadap kebutuhan pelanggan dan mengucapkan terima kasih
    kepada setiap pelanggan
    2. Menyediakan minuman berkualitas untuk semua pelanggan
    o Menyiapkan menu minuman di The Prince Coffee shop sesuai dengan standardnya
    o Mengikuti petunjuk kesehatan, keselamatan dan pemeliharaan kesehatan untuk semua
    produk
    3.Keuangan
    o Menginput transaksi pada mesin cash register dan menerima pembayaran dari Customer
    o Membuat laporan transaksi harian yang dikirimkan kepada bagian Accounting melalui
    filesharing di LAN
    4. Memelihara kualitas operasional Coffee Shop
    o Mengikuti kebijakan dan prosedur operasional yang ada
    o Mengikuti standar untuk penjualan, persediaan, perputaran dan penyimpanan produk
    o Melaksanakan tugas kebersihan sesuai dengan daftar nama tugas dan mengikuti standar
    pembersihan dan bekerja sebagai bagian dari suatu tim
    o Bertindak secara profesional dengan mempergunakan “Keterampilan seorang Bintang”
    dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan semua pelanggan dan mitra kerja
    . Berperan dalam menciptakan profitabilitas
    o Mengikuti prosedur dan kebijakan penangan uang tunai dan mesin registrasi
    o Mengikuti petunjuk penyimpanan dan pencatatan persediaan
    o Ikut berperang untuk meningkatkan penjualan dan laba Coffee Shop
    . Bertanggung jawab untuk mempelajari semua aspek yang berhubungan dengan posisi barista
    o Bertanggung jawab untuk belajar berinisiatif
    o Belajar dan mempertunjukkan pengalaman dalam menciptakan The Prince Coffee
    o Belajar dan mempertunjukkan semua standar prestasi yang telah dicapai

    Nama Jabatan : Mobile Café Driver & Barista
    Hubungan Organisasi : Bertanggung jawab kepada Head Baker / Pastry
    Ringkasan Pekerjaan : Melaksanakan kegiatan operasional Mobile Café setiap harinya
    Tugas dan tanggung jawab :
    1. Menumbuhkan antusiasme pelanggan sepanjang waktu
    o Menyambut dan beriteraksi dengan setiap pelanggan
    o Mencari tahu kebutuhan pelanggan kemudian menyarankan produk yang sesuai kep
    setiap pelanggan untuk meningkatkan pelayanan sampai dengan terjadinya penjualan
    o Memberikan demonstrasi pembuatan minuman kepada pelanggan dengan memperguna
    peralatan yang tersedia
    o Memberikan tanggapan terhadap kebutuhan pelanggan dan mengucapkan terima k
    kepada setiap pelanggan
    2. Secara konsisten menyediakan minuman berkualitas untuk semua pelanggan
    o Menyiapkan menu minuman di Mobile Café sesuai dengan standardnya
    o Mengikuti petunjuk kesehatan, keselamatan dan pemeliharaan kesehatan untuk se
    produk
    3. Memelihara kualitas operasional Coffee Shop
    o Mengikuti kebijakan dan prosedur operasional yang ada
    o Mengikuti standar untuk penjualan, persediaan, perputaran dan penyimpanan produk
    o Melaksanakan tugas kebersihan sesuai dengan daftar nama tugas dan mengikuti stan
    pembersihan dan bekerja sebagai bagian dari suatu tim
    o Bertindak secara profesional dengan mempergunakan “Keterampilan seorang Binta
    dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan semua pelanggan dan mitra kerja
    4. Berperan dalam menciptakan profitabilitas
    o Mengikuti prosedur dan kebijakan penangan uang tunai dan mesin registrasi
    o Mengikuti petunjuk penyimpanan dan pencatatan persediaan
    o Ikut berperang untuk meningkatkan penjualan dan laba Coffee Shop
    5. Bertanggung jawab untuk mempelajari semua aspek yang berhubungan dengan posisi barista
    o Bertanggung jawab untuk belajar berinisiatif
    o Belajar dan mempertunjukkan pengalaman dalam menciptakan The Prince Coffee
    o Belajar dan mempertunjukkan semua standar prestasi yang telah dicapai

    Nama Jabatan : Server
    Hubungan Organisasi : Bertanggung jawab kepada Head Baker / Pastry
    Ringkasan Pekerjaan : Menyajikan makanan dan minuman kepada pelanggan
    Tugas dan tanggung jawab :
    1. Scrub and polish counters, steam tables, and oTher equipment and clean glasses, dishes and fountain equipement
    2. Serve food, beverages or desserts to customers in such setting as take-out counters of restaurants or lunchrooms, business or industrial establishments, hotel rooms and cars
    3. Replenish foods at serving stations
    4. Take customer’s orders and write ordered items on tickets, giving ticket stubs to customers when needed to identify filled orders
    5.Prepare bills for food, using cash resgisters, calculators, or adding machines; and accept
    payment and make change
    6. Deliver orders to kitchens, and pick up and serve food when it is ready
    7. Serve salads, vegetables, meat, breads and cocktails; ladle soups and sauces; portion desserts; and fill beverage cups and glasses
    8.Add relishes and garnishes to food orders, according to instructions

    Nama Jabatan : Public Relation
    Hubungan Organisasi : Bertanggung jawab kepada Sales Area Manager
    Ringkasan Pekerjaan : Melakukan promosi untuk meningkatkan penjualan dan membangun
    image yang baik tentang perusahaan
    Tugas dan tanggung jawab :
    1. Mengatur kebutuhan dan keinginan pasar potensial
    2. Mengatur pemberian fasilitas dalam promosi dan penjualan
    3. Mengatur produk yang lebih efektif dan efisien
    4.Bertanggung jawab untuk memasarkan produk-produk yang telah di hasilkan perusahaan
    5. Bertanggung jawab untuk mencari dan mendapatkan prospek pelanggan atau proyek baru
    6. Bertanggung jawab untuk menindaklanjuti proyek agar prospek dapat berubah menjadi
    pelanggan
    7.Bertanggung jawab atas hubungan perusahaan dengan pihak luar

    Nama Jabatan : Security
    Hubungan Organisasi : Bertanggung jawab kepada Head Baker / Pastry
    Jam Kerja : Security bertugas dalam 2 shift per hari
    Ringkasan Pekerjaan : Menyelenggarakan keamanan dan ketertiban di lingkungan/ kawasan kerja, termasuk pengamanan terhadap aset tidak bergerak perusahaan
    Tugas dan tanggung jawab :
    1.Melaksanakan penjagaan dengan maksud mengawasi masuk/keluarnya orang atau barang dan mengawasi keadaan atau hal-hal yang mencurigakan di sekitar tempat tugasnya
    2.Melakukan perondaan di sekitar kawasan kerjanya menurut rute dan waktu tertentu dengan maksud mengadakan penelitian dan pemerikasaan terhadap segala sesuatu yang tidak wajar dan tidak pada tempatnya yang dapat atau diperkirakan menimbulkan ancaman dan gangguan
    3.Mengadakan pengawalan uang/barang bila diperlukan dan disesuaikan dengan kebutuhan
    4. Mengambil langkah-langkah dan tindakan sementara bila terjadi suatu tindakkan pidana, antara
    lain sebagai berikut:
    a. Mengamankan tempat kejadian perkara
    b. Menangkap pelakunya (hanya dalam hal ketangkap tangan)
    c. Menolong korban
    d. Melaporkan/meminta bantuan Polri
    5.Memberikan tanda-tanda bahaya atau keadaan darurat melalui alat alarm dan kode-
    kode/isyarat-isyarat tertentu bila terjadi kebakaran, bencana alam atau kejadian-kejadian lain yang membahayakan jiwa, badan atau harta benda orang banyak serta memberikan pertolongan dan bantuan penyelamatan
    6.Memegang kunci Coffee Shop, kecuali kunci ruangan Office Management dan Gudang

    Nama Jabatan : Security
    Hubungan Organisasi : Bertanggung jawab kepada Head Baker / Pastry
    Jam Kerja : Security bertugas dalam 2 shift per hari
    Ringkasan Pekerjaan : Menyelenggarakan keamanan dan ketertiban di lingkungan/ kawasan
    kerja, termasuk pengamanan terhadap aset tidak bergerak perusahaan
    Tugas dan tanggung jawab :
    1.Melaksanakan penjagaan dengan maksud mengawasi masuk/keluarnya orang atau barang dan mengawasi keadaan atau hal-hal yang mencurigakan di sekitar tempat tugasnya
    2.Melakukan perondaan di sekitar kawasan kerjanya menurut rute dan waktu tertentu dengan maksud mengadakan penelitian dan pemerikasaan terhadap segala sesuatu yang tidak wajar dan tidak pada tempatnya yang dapat atau diperkirakan menimbulkan ancaman dan gangguan
    3. Mengadakan pengawalan uang/barang bila diperlukan dan disesuaikan dengan kebutuhan
    4. Mengambil langkah-langkah dan tindakan sementara bila terjadi suatu tindakkan pidana, antara
    lain sebagai berikut:
    a. Mengamankan tempat kejadian perkara
    b. Menangkap pelakunya (hanya dalam hal ketangkap tangan)
    c. Menolong korban
    d. Melaporkan/meminta bantuan Polri
    5.Memberikan tanda-tanda bahaya atau keadaan darurat melalui alat alarm dan kode-
    kode/isyarat-isyarat tertentu bila terjadi kebakaran, bencana alam atau kejadian-kejadian lain yang membahayakan jiwa, badan atau harta benda orang banyak serta memberikan pertolongan dan bantuan penyelamatan
    6.Memegang kunci Coffee Shop, kecuali kunci ruangan Office Management dan Gudang

    Balas

  38. Lyra fikitrasari
    Jun 05, 2009 @ 14:36:20

    Tugas 3

    Nama : Lyra fikitrasari
    NRP : 01.04.150

    Pengaruh Fraud,GCG,Etika Bisnis terhadap Laba Perusahaan

    Pengaruh Fraud terhadap Laba Perusahaan

    Semakin tinggi tingkat fraud suatu laba organisasi bukan menunjukan laba sebenarnya ,contoh kasus windows dressing ,tahun 2007 perusahaan mengakui accaount receivable lebih kecil dari tingkat penjualan maka laba perusahaan akan lebih kecil, sedangkan tahun berikutnya perusahaan mengakui account receivable lebih besar maka laba perusahaan akan lebih besar. Hal tersebut akan akan berpengaruh besar dalam tingkat EBIT (Earning Before Interest and Taxes ) perusahaan dan akan berpengaruh dalam pengambilan keputusan.

    Pengaruh GCG (Good Corporate Governance ) terhadap laba perusahaan

    Perusahaan yang menerapkan GCG akan menerapkan prinsip-prinsip sbb:
    1. Transparansi : yaitu keterbukaan dalam melaksanakan proses pengambilan keputusan dan keterbukaan dalam mengemukakan informasi materiil dan revelan mengenai organisasi
    2. Kemandirian : yaitu suatu keadaan dimana organisasi dikelola secara professional tanpa benturan kepentingandan pengaruh / tekanan dari pihak manapun yang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan prinsip-prinsip korporasi yang sehat.
    3. Akuntabilitas : yaitu yaitu kejelasan fungsi , pelaksanaan dan pertanggungjawaban organisasi sehingga pengelolaan organisasi terlaksana secara efektif
    4. Pertanggungjawaban : yaitu kesesuaian di dalam pengelolaan organisasi terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku dan prinsip-prinsip korporasi yang sehat
    5. Kewajaran : yaitu keadilan dan kesetaraan di dalam memenuhi hak-hak stakeholders yang timbul berdasarkan pejanjian dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
    Prinsip-prinsip tersebut akan mengakui laba yang sebenarnya sehingga laba yang diakui dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan .

    Pengaruh Etika Bisnis terhadapa laba perusahaan

    Pengaruh yang menerapkan etika bisnis akan menerapkan kode-kode etik yang ada,dengan kode etik tersebut kemungkinan kecurangan yang dilakuakan akan lebih kecil maka laba perusahaan akan lebih meningkatkan

    Balas

  39. Lyra fikitrasari
    Jun 05, 2009 @ 14:58:40

    Tugas 4

    Nama : Lyra fikitrasari
    NRP : 01.04.150

    Enterprise Risk Management ( ERM ) PT.Telkom

    Risk management

    Introduction
    Telkom recognises that the internal environment represents the basis for the other components of Enterprise Risk Management (ERM).

    Internal environment
    The enterprise risk policy and framework
    Risk management in Telkom is governed through the risk management policy statement with the enterprise risk management framework guiding its implementation within Telkom. The risk management policy, in line with the King II and international codes of best practice, and the requirements of the Sarbanes-Oxley Act; is aimed at enhancing value for all of Telkom’s stakeholders.

    Board of Directors
    Telkom’s Board, through the ARMC is responsible for the risk management process within the Telkom Group. ARMC operates within written guidelines to assist the Board in fulfilling its oversight responsibilities. The Board proactively oversees Telkom’s risk strategy formulation, risk methodologies and risk assessments, as well as reinforces the Group’s commitment to sound risk management. The Board ensures that management has in place appropriate capabilities to implement approved risk responses. The Board ensures, through ARMC, that it receives and reviews regular reports on risks and the risk management processes.

    Corporate risk management
    The Risk Management Division, as a service organisation, is available as risk management specialists, and transfers risk management knowledge to other service organisations and employees within Telkom. The Risk Management Division is equipped to facilitate and provide risk management techniques required for identifying, assessing, managing and treating risks uniformly throughout Telkom.

    Management’s responsibilities
    Risk management rests with the senior and line management of each service organisation within Telkom. The ERM framework adopted by Telkom ensures that managers within the organisation support the Telkom risk philosophies, manage compliance with the Company’s risk appetite and manage risks within their service organisations. Senior management approves procedures and controls that implement the risk policy effectively and efficiently, and management at all levels enforce these controls. These are then escalated to ARMC for oversight.

    Service organisations must:
    • Be aware of risks which fall into their area of responsibility, the possible impacts these may have on their area of responsibility, other areas and the consequences other areas may have on them; and
    • Have performance indicators, which allow them to monitor the key business and financial activities, progress towards objectives and identify developments, which require risk management intervention.

    Individuals are required to:
    • Understand their accountability for individual risks; and
    • Understand how they can enable continuous improvement of the risk management response.

    Audit and Risk Management Committee
    The ARMC established and empowered by the Board operates within written guidelines established by the Board. The ARMC has a responsibility in reviewing and monitoring Telkom’s risk management performance and providing a high-level risk assessment to the Board on an ongoing basis. The Telkom ARMC has in equal proportion, the qualities of independence and authority, ensuring that the committee is an effective governance structure within the Telkom Group. The ARMC, in performing its duties and fulfilling its responsibilities may obtain any internal, external or independent professional advice it considers necessary. The ARMC also has access to any information within the organisation to ensure it has the ability to fulfil its responsibilities. The committee may delegate authority to sub-committees, and these include the TERMC.

    ARMC duties and responsibilities
    The ARMC is tasked with the following responsibilities for Enterprise Risk Management:
    • Recommending risk strategy and policies; reviewing the risk philosophy for consideration and approval by the Board, encompassing all business risks to the Group including operational risk.
    • Ensuring that mechanisms are implemented for Telkom to prevent or to respond optimally to disaster or crisis.
    • Reviewing the adequacy of risk financing arrangements and structures.
    • Monitoring external developments that may affect Telkom and that may relate to specifically identified risks and prospective impact.
    • Reviewing the completeness of key business risk controls and ensuring effectiveness of the risk management process.
    • Reviewing the external auditors scope of work; their appointment, dismissal; and annual audit fees.
    • Addressing any significant disagreements between the Board of Directors of Telkom SA Limited, Management and the External Auditors.
    • Addressing any problems identified in going concern or statement of internal control.
    • Addressing any accounting treatments, significant unusual transactions or account judgements that could be contentious.
    • Evaluating external audit reports regarding the annual financial statements and external audit reports that address weaknesses in internal control measures and recommendations for improvement, and any other illegal actions and faults.
    • Discussing impacts of any new auditing standards that may impact audits.

    Telkom Executive Risk Management Committee
    The ARMC appointed a dedicated risk management committee, the TERMC to implement risk management policies defined by the ARMC and approved by the Board, and optimise risk management within the Telkom Group. The TERMC is required to meet regularly, at least four times a year or as often as circumstances necessitate, allowing the committee to effectively perform its duties and responsibilities.

    Risk management objectives

    The overall objectives of risk management give effect to an enterprise risk management programme that supports Telkom’s vision, i.e. to be a customer and employee centred ICT solutions provider. Specifically, the objectives are:
    • To align Telkom’s risk characteristic and tolerance level with its 5 key strategic business objectives;
    • To maximise (create, protect and enhance) shareowner value and net worth by managing risks that may impact on the defined financial and performance drivers;
    • To identify risk improvement opportunities in the areas of operational responsiveness;
    • To support the business growth strategy through welldefined risk management methodologies;
    • To monitor and ensure that the Telkom risk management standard and best practice are subscribed to by subsidiary companies;
    • To assess the likelihood and impact of major events and developing appropriate responses to prevent or manage the impact thereof; and
    • To adapt to the changing internal and external environments.

    Balas

  40. silfi siti safarini
    Jun 19, 2009 @ 15:33:57

    tugas 2

    NAMA : silfi siti safarini
    npm : 01.07.122
    kls : B

    PELUANG USAHA CATERING

    Usaha katering merupakan usaha yang paling populer di bidang boga. Di setiap kesempatan dan momen kita sering menjumpai aneka makanan enak yang disajikan dengan menarik oleh pengusaha katering. Usaha katering merupakan usaha yang cocok untuk Anda yang suka memasak dan ingin mempunyai usaha sendiri.

    Untuk pemula, Anda bisa memulai usaha ini dari usaha rumahan. Strategi pemasarannya bisa dimulai dari mulut ke mulut ke tetangga, sanak saudara dan teman Anda. Misalnya saja Anda bisa menawarkan bantuan ke tetangga Anda yang sedang mengadakan acara arisan/ulang tahun dengan menerima pesanan kue atau masakan. Kalau untuk acara seperti ini tentunya jumlah pesanan tidaklah banyak. Mudah bukan untuk tahap awalnya? Dan Anda tidak perlu khawatir untuk masalah modalnya. Karena kelebihan dari usaha makanan adalah keuntungan yang bisa sampai 2x lipat dari modal.

    Tingkatan Usaha Katering

    Usaha katering bisa dibagi menjadi beberapa segmen berdasarkan tempatnya, yaitu :
    • Katering Rumah,
    usaha jasa boga yang melayani pesanan sampai dengan 100 orang. Meliputi rantangan untuk rumah tangga, pesanan prasmanan untuk arisan/pengajian, pesanan nasi boks untuk 20-100 porsi, dan pesanan nasi tumpeng.
    • Katering Sekolah,
    yaitu katering makan pagi/siang untuk Anak sekolah. Biasanya disajikan dalam rantang/tromol makan khusus anak-anak.
    • Katering Kantor,
    yaitu rantangan karyawan kantor, nasi boks atau prasmanan untuk perayaan/syukuran di kantor.
    • Katering Acara Khusus / Hajatan,
    Seperti pernikahan dan perayaan. Umumnya menggunakan sistem prasmanan, tetapi kadang ditambah pula dengan pesanan nasi boks dan tumpeng.
    Pengetahuan dan ketrampilan yang harus dimiliki
    • Aneka masakan dan variasinya. Memasak memang urusan selera, tetapi tetap ada standart tersendiri yang harus dikuasai.
    • Anda harus pintar mengelola bahan-bahan makanan dan penggunaannya agar tidak boros dan terhindar dari kerugian.
    • Perhatikan cara memasak dan menyimpan hasil masakan dengan baik. Hal ini sangat penting untuk menghindari masakan menjadi basi/bau akibat penanganan atau penyimpanan yang salah.
    • Teknik berbelanja dan memilih bahan makanan agar perhitungan biaya Anda tidak bengkak.
    • Informasi tempat berbelanja bahan makanan yang berkualitas baik dengan harga miring.Terkadang perlu sumber dari beberapa tempat untuk mendapatkan bahan makanan yang baik. Misalnya, untuk sayuran segar dan murah sebaiknya Anda beli di pasar A, tetapi untuk daging sapi lebih baik dibeli di pasar B. Membeli daging ayam dan sapi ada yang menggunakan pesan-antar.
    • Informasi tempat persewaan peralatan makan dan penyajian (pemanas, pemanas sup,pyrex) yang lengkap dan murah. Lebih baik Anda tahu lebih dari satu tempat persewaan untuk menghindari kekosongan barang pada saat-saat ramai.
    • Membina hubungan dengan siapa saja, bahkan dengan pesaing atau sesama pengusaha katering. Anda juga harus tahu harga yang ditetapkan pengusaha katering lainnya agar bisa menentukan harga yang pas.
    Modal yang diperlukan
    • Peralatan memasak.
    Untuk memasak 100 porsi misalnya, bisa dikerjakan dengan peralatan memasak yang ada dalam rumah tangga sehingga tidak perlu terburu-buru menanam modal hanya untuk membeli peralatan baru.
    • Ruangan / dapur.
    Untuk katering rumahan, ruangan khusus tidak perlu disiapkan. Namun sebaiknya tata dapur Anda sedemikian rupa untuk memudahkan pekerjaan dan tambahkan rak-rak khusus untuk tempat perlengkapan memasak.
    • Rak khusus untuk bumbu-bumbu dapur.
    Kalau perlu beri label pada tempat masing-masing bumbu untuk memudahkan proses memasak.
    • Keuangan.
    Sebagai pemula, biasanya Anda belum bisa berutang alias masih memakai modal sendiri. Modal yang Anda perlukan untuk berbelanja bahan-bahan makanan berkisar 60% dari harga makanan yang dipesan. Untuk pelanggan baru, tidak ada salahnya Anda meminta uang muka untuk meminimalkan modal.
    Pembayaran tempo. Sistem pembayaran ini diperlukan jika usaha Anda makin berkembang dan Anda mulai rutin menerima pesanan dalam jumlah banyak. Jika Anda rutin memesan daging, ayam, atau sayuran pada penjual langganan, Anda bisa membayarnya dalam tempo 1-2 minggu. Karena menyangkut kepercayaan, usahakan tepat waktu dalam pembayaran meskipun katering Anda belum dibayar oleh si pemesan.
    Kiat menjalankan usaha
    • Untuk tahap awal, sebaiknya terima pesanan khusus makanan saja, tidak termasuk pelayanan dan peralatan makan.
    • Kuasai resep pilihan dan jadikan andalan usaha katering Anda.
    • Jaga kebersihan dapur, peralatan masak/makan Anda.Pastikan juga kebersihan dan kualitas bahan makanan yang akan diolah. Hal ini penting dilakukan agar terjamin kebersihan masakannya dan menghindari masakan cepat basi/beracun.
    • Mulailah untuk memisahkan uang usaha dengan pribadi sehingga keuntungan lebih terlihat. Buat pembukuan sederhana dari pengeluaran dan pemasukan uang setiap pesanan,seperti belanja bahan, membayar tenaga, menyewa peralatan, transportasi dll. Biasakan meminta kwitansi setiap pembelian, membuat tanda terima seiap menyerahkan pesanan, dan membuat kwitansi setiap penagihan.
    • Setiap kali ada keuntungan, tanbahkan sebagai modal kerja atau investasikan untuk menambah peralatan memasak sehingga peralatan Anda semaki lengkap.
    • Jalin hubungan baik dengan pelanggan karena hal ini secara tidak langsung bisa mempromosikan usaha Anda.
    • Jika menawarkan katering ke kantor, usahakan buat surat penawaran resmi dan lampiri dengan aneka pilihan menu Anda.
    • Jangan lupa minta konfirmasi pesanan, yang bisa berupa tanda jadi sebesar 50% atau surat pesaanan tertulis. Hal ini untuk mengantisipasi kerugian akibat pembatalan pesanan secar sepihak.
    • Tidak perlu mempunyai semua stok bahan makanan. Ada bahan makanan yang bisa dibeli dan dikerjakan sehari sebelum pesanan diantar,seperti kerupuk, kentang goreng, dan bawang goreng. pastikan disimpan dalam wadah yang kedap udara agar terjaga kerenyahannya.
    • Jika makanan harus diantar ke tempat pemesan, perhitungkan waktu memasak serta waktu dan jarak pengantaran. Jangan lupa masukkan biaya pengantaran ke dalam komponen harga.
    • Jika usaha Anda makin berkembang dan telah menerima pesanan yang sifatnya rutin, Anda boleh mempertimbangkan menambah tenaga. Namun, usahakan mencari tenaga harian/honorer, yaitu saudara atau tetangga yang tahu tentang masakan. Anda juga membutuhkan sertifikasi yang diperoleh dari Departemen Kesehatan tentang standar usaha katering. Sertifikasi penting dimiliki jika Anda ingin menawarkan bisnis katering pada perusahaan atau pemilik/pengelola gedung.
    • Beranikan menerima tawaran pesanan prasmanan/buffet jika ingin cepat maju. Anda bisa menyewa peralatan jika belum punya dan mempekerjakan saudara/tetangga untuk membantu. Bahkan Anda bisa memesan beberapa makanan, seperti siomay, soto mie, dan puding kepada orang lain, tetapi kualitas rasa dan penyajian tetap Anda kontrol.
    • Tambah pengetahuan tentang memasak, mengolah, dan menyajikan makanan serta manajemen dan pemasarannya dengan kursus, seminar dan workshop, serta membaca buku, majalah dan koran.
    • Gabung dengan asosiasi bisnis boga atau penggemar/hobi memasak untuk mengetahui trend dan kebutuhan di bisnis ini.
    Peluang usaha sampingan di bisnis katering
    • Menyewakan perlengkapan makan, seperti gubuk makan, taplak, dan hiasan meja makan.
    • Menyewakan peralatan makan, seperti pemanas, piring makan, gelas dan sendok.
    • Diversifikasi usaha boga lainnya seperti kursus bisnis katering dan kursus menata makanan.

    Balas

  41. eka
    Jan 12, 2010 @ 20:35:57

    ini nilai UAS SKB Utama Gasal 09/10

    Balas

  42. Monika
    Feb 21, 2013 @ 21:03:29

    I was basically researching for ideas for my personal blog and located your blog, “SKB
    Kewirausahaan”, would you mind if I actually start
    using a handful of of ur ideas? Thanks ,Carrie

    Balas

  43. chicago web development
    Mei 23, 2013 @ 17:30:55

    We stumbled over here by a different page and thought I might
    check things out. I like what I see so now i am following you.
    Look forward to looking over your web page yet
    again.

    Balas

  44. Trackback: Cara Membuat Bumbu Carrie Bumbul | Masakan Indonesia

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: